Friday, 19 April 2024
HomeBeritaVaksin Pfizer Tiba, Kemenkes : Jangan Pilih-Pilih Vaksin

Vaksin Pfizer Tiba, Kemenkes : Jangan Pilih-Pilih Vaksin

Bogordaily.net Covid-19 Pfizer dengan merek COMIRNATY sudah tiba di Indonesia dan akan diberikan kepada masyarakat.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Widyawati mengimbau masyarakat untuk jangan pilih-pilih .

Meskipun terdapat beberapa jenis di Indonesia. Pemerintah sudah menjamin keamanan dan khasiat dari Covid-19 yang digunakan saat ini.

“Pemerintah terus mendatangkan terbaik dari berbagai produsen dalam rangka mengamankan ketersedian untuk melindungi 208 juta rakyat Indonesia yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19,” tuturnya sebagaimana dikutip dari situs Kementerian Kesehatan.

Saat ini terdapat beberapa jenis yang digunakan di Indonesia untuk melawan virus Covid-19 seperti Coronavac, jadi buatan Sinovac asal Tiongkok, dan Covid-19.

Jenis lainnya adalah vaksin produksi Bio Farma dengan bahan baku dari Sinovac, vaksin AstraZeneca asal Inggris, vaksin Moderna, dan vaksin Pfizer asal Amerika Serikat.

Vaksin Pfizer telah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM pada 14 Juli 2021, sehingga dapat langsung disuntikkan kepada masyarakat.

Pada tahap awal, vaksin ini telah didistribusikan ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Prioritas pemberian ke wilayah Jabodetabek ini karena sistem logistik yang kompleks dibandingkan dengan jenis vaksin lainnya.

Vaksin Pfizer harus segera digunakan karena secara spesifikasi vaksin ini harus disimpan khusus di dalam tempat dengan suhu yang sangat rendah antara 90 hingga 60 derajat Celcius.

“Vaksin ini harus disiapkan oleh petugas kesehatan yang sudah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin, termasuk cara mencairkan dan mengencerkan vaksin sebelum disuntikan,” kata Widyawati.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here