Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaBawang Merah, Ternyata Dapat Menghilangkan Uban

Bawang Merah, Ternyata Dapat Menghilangkan Uban

Bogordaily.net – Mungkin banyak dari kita yang mencoba beragam cara uban, lalu mengapa tidak mencoba dengan bawang merah?

Salah satu penyebab rambut beruban adalah karena kekurangan vitamin B kompleks, terutama vitamin B6 yang membantu menjaga rambut tetap sehat.

Jika Anda tidak makan makanan yang kaya vitamin B6 dalam jumlah yang cukup, rambut akan kehilangan warna alaminya.

Vitamin B6 membantu sel di dalam folikel rambut untuk memproduksi melanin.

Sumber vitamin B6 diketahui ditemukan dalam protein seperti hati, kuning telur, daging organ, dan sayuran dan sereal gandum.

Selain itu, harus benar-benar konsumsi makanan olahan yang telah diberikan pewarna dan pengawet buatan dan sangat penting untuk membatasi kafein.

Namun tidak hanya dari makanan saja. Dikutip dari Pulse, penyebab rambut beruban juga bisa disebabkan karena kondisi berikut ini:

<• Penyakit celiac

Ketika orang dengan penyakit celiac makan gluten (protein yang ditemukan dalam gandum, rye, dan barley), tubuh mereka memasang respons imun yang menyerang usus kecil.

Serangan ini menyebabkan kerusakan pada vili, tonjolan kecil seperti jari yang melapisi usus kecil, yang meningkatkan penyerapan nutrisi.

Dan ketika vili rusak, nutrisi tidak diserap dengan baik ke dalam tubuh.

Penyakit celiac bersifat turun temurun, artinya penyakit ini diturunkan dalam keluarga.

Namun demikian, dalam beberapa minggu setelah tidak makan gluten, rambut akan menjadi gelap kembali bahkan bertahun-tahun setelah beruban.

<• Ketidakseimbangan endokrin

Setiap kelenjar dari sistem endokrin melepaskan hormon tertentu ke dalam aliran darah Anda.

Hormon-hormon ini berjalan melalui darah Anda ke sel-sel lain dan membantu mengendalikan atau mengoordinasikan banyak proses tubuh.

Oleh karena itu, ketidakseimbangan dalam sistem dengan mudah menyebabkan rambut beruban.

Menyeimbangkan hormon menyebabkan rambut kembali gelap dan penelitian menunjukkan bahwa hormon diseimbangkan dengan mengurangi tingkat stres, cukup tidur di malam hari, makan lebih banyak asam lemak omega-3, serta menjaga pola makan yang sehat.

<• Anemia pernisiosa

Anemia pernisiosa adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah seseorang rendah karena kekurangan vitamin B12.

Dan sebagai catatan, banyak orang meninggal karena kondisi ini sebelum dokter mengetahui bahwa, anemia pernisiosa diobati dengan vitamin B12.

<• Cara Uban dengan Bawang Merah

Penelitian menunjukkan bahwa, jus bawang setiap hari yang dioleskan dapat mengurangi dan membalikkan uban dan menumbuhkan kembali rambut.

Diketahui kebanyakan orang bahwa, jus bawang merah telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati rambut beruban dan alopecia.

Bawang merah yang kaya akan belerang dan senyawa lain, bagus untuk membunuh infeksi, termasuk beberapa infeksi jamur, kuman dan parasit. Semua ini dapat menyebabkan rambut rontok.

Jus dalam bawang juga dikenal untuk penumpukan hidrogen peroksida dan mengurangi peradangan sambil memberikan enzim, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya untuk meregenerasi flokulus rambut.

Namun, untuk membalikkan rambut beruban prematur dengan jus bawang, oleskan jus bawang setiap hari ke kulit kepala dan pijat ringan atau sisir.

Biarkan jus bawang di kulit kepala selama 30 menit sampai satu jam. Lalu bilas sampai bersih.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here