Saturday, 27 April 2024
HomeTravellingBerbasis Agama, Destinasi Wisata Sungai Jambu

Berbasis Agama, Destinasi Wisata Sungai Jambu

Bogordaily.net – Udara asri berlatar punggungan Gunung Merapi dan hamparan sawah yang berundak-undak menjadi pesona yang tersaji dari Nagari Jambu, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Pengembangan destinasi berkonsep kekinian tersebut merupakan buah kolaborasi antara perantau dan pemuda nagari.

“Destinasi yang baru dikembangkan ini berada di Tanah Pondu, berada di kaki Gunung Merapi Nagari Jambu. Di tempat itu dilengkapi berbagai fasilitas spot selfie yang indah,” kata Wali Jorong Jambu Adri Mupendi.

Adri mengatakan bahwa pariwisata yang dikembangkan tidak hanya sekadar mengeksplorasi keindahan alam dengan udaranya yang masih asri.

Pihaknya juga mengembangkan destinasi Islami. Di sini ada masjid peringkat terbaik sumatra barat yang siap menyambut kedatangan para tamu untuk beribadah dan beristirahat.

Ketua Sungai Jambu Saiyo Sakato (SJSS) H Delpis Datuak Majo Indo mengatakan dalam pengembangan pariwisata kontribusi para perantau juga berperan.

SJSS ini merupakan organisasi para perantau yang tersebar di berbagai wilayah indonesia.

Selain dukungan dana, Delpis mengatakan, pengembangan konsep pariwisata tetap menjadi prioritas.

“Kami ingin ketika bisnis pariwisata itu tumbuh maka adat dan tidak menjadi hilang. Sebaliknya kami berharap pemahaman terhadap adat dan itu menjadi semakin kuat,” katanya.

Delphis mengatakan sekarang ini tren yang muncul adalah bagaimana mengkolaborasikan keindahan alam di lokasi destinasi dengan menggali kearifan lokal melalui pemahaman adat istiadat.

“Itulah sebabnya kami mendorong generasi muda untuk menjaga adat dan dengan cara mengembangkan pariwisata. Pendekatan semacam inilah yang sekarang banyak dilakukan di sejumlah tempat destinasi di berbagai daerah di Indonesia,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here