Diakhir Pekan, Tukang Ojek Alih Profesi jadi Pemandu Jalan Alternatif Menuju Puncak

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian, Rabu 10 Agustus 2022 Profil Irjen Ferdy Sambo, Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Kota Bogor Diramalkan Cerah Berawan, Rabu 10 Agustus 2022 E-KTP Jadi Syarat Beli Rokok? Terkini! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Selasa 9 Agustus 2022

Wisata · 25 Sep 2021 13:56 WIB

Diakhir Pekan, Tukang Ojek Alih Profesi jadi Pemandu Jalan Alternatif Menuju Puncak


 Disetiap akhir pekan, pengendara Ojek di kawasan Ciawi, Kabupaten Bogor beralih profesi menjadi pemandu jalan menuju kawasan wisata. Foto: Kelik Widiartono. Perbesar

Disetiap akhir pekan, pengendara Ojek di kawasan Ciawi, Kabupaten Bogor beralih profesi menjadi pemandu jalan menuju kawasan wisata. Foto: Kelik Widiartono.

Bogordaily.net – Pelaksanaan penerapan peraturan ganjil genap setiap akhir pekan di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, membuat wisatawan yang hendak berlibur harus putar otak supaya dapat memasuki kawasan Puncak Bogor.  Keinginan para wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan di kawasan Puncak, menjadi peluang baru untuk meraup rupiah dikalangan tukang ojek.

Para tukang ojek yang biasa mangkal di sekitaran lampu merah Ciawi, mendadak beralih profesi menjadi joki jalan alternatif menuju kawasan Puncak, bagi wisatawan yang mengendarai kendaraan roda empat, khususnya bagi kendaraan yang plat nomornya tidak sesuai dengan peraturan ganjil genap saat itu.

Salah seorang tukang ojek Subeng warga Cipayung, Kabupaten Bogor setiap akhir pekan ia menjadi joki yang tugasnya menuntun wisatawan menyusuri jalan tikus menuju kawasan Puncak.

Subeng menceritakan dirinya bisa meraup 100 ribu hingga 150 ribu rupiah dalam sekali trip. Besar kecilnya pendapatan tergantung jauh dekat rute jalan yang ditempum.

“Saya kalau hari biasa ngojek di sekitaran lampu merah ciawi ini, namun pada Sabtu-Minggu ya bisa dibilang jadi joki jalan alternatif,” papar Subeng, kepada bogordaily.net, Sabtu 25 September 2021.

Biasanya para joki jalan alternatif mangkal di sekitaran lampu merah Ciawi dengan mematok tarif 100-150 ribu Rupiah untuk setiap kendaraan yang menggunakan jasanya pada akhir pekan.

“Orang-orang dari Jakarta kebanyakan yang menggunakan jasa saya, dari mulai lampu merah Ciawi bisa saya antar ke Cisarua, menuju kawasan wisata” tambahnya

Subeng menceritakan jalur alternatif yang sering ia gunakan belum banyak diketahui orang-orang dari luar daerah Puncak Bogor, oleh sebab itu jalur ini bisa mempermudah para pengendara roda empat khusunya bisa berlibur di Kawasa Puncak Bogor, Jawa Barat.***

 

(Irvan)

Artikel ini telah dibaca 67 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Tempat Wisata Alam di Sukabumi dari Pantai, Goa, sampai Kawah

10 Agustus 2022 - 10:02 WIB

Tarif Baru Pulau Komodo Ditunda Hingga 2023

10 Agustus 2022 - 06:33 WIB

5 Kolam Pemandian Air Panas Paling Kece di Indonesia

9 Agustus 2022 - 22:58 WIB

5 Destinasi Wisata Murah Meriah di Bogor, Healing Sambil Belajar

9 Agustus 2022 - 13:49 WIB

Melongok Observatorium Bosscha yang Viral Usai Muncul di Pengabdi Setan 2

9 Agustus 2022 - 13:28 WIB

Tips Wisata ke Tempat Baru, Salah Satunya Jangan Sembarangan Memotret!

8 Agustus 2022 - 09:34 WIB

Trending di Wisata