Friday, 26 April 2024
HomeNasionalGawat! Data 10 Kementerian dan Lembaga Diduga Dibobol Hacker China

Gawat! Data 10 Kementerian dan Lembaga Diduga Dibobol Hacker China

Bogordaily – Hacker China diduga telah   dan lembaga. Kondisi ini tentu sangat membahayakan bagi kerahasiaan milik pemerintah.

Atas kejadian itu Polri mengaku tengah berkoordinasi dengan Kominfo.

“Ya dikoordinasikan ke kementerian tersebut,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dimintai konfirmasi, Senin 13 September 2021.

Hanya saja, Argo mengaku kepolisian belum melakukan penyelidikan terhadap dugaan pembobolan ini. Dan jajarannya baru melakukan koordinasi saja.

“Dikoordinasikan,” imbuhnya.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR RI dari fraksi Golkar, Dave Laksono meminta pemerintah serius menanggapi dugaan pembobolan terhadap 10 kementerian dan lembaga yang dibobol oleh hacker China. Dave menilai pembobolan itu bukti lemahnya sistem digitalisasi di RI.

“Hal ini perlu direspons secara serius ya, apalagi ini berkaitan dengan keamanan negara. Bukan hanya permasalahan pribadi masyarakat umum. Akan tetapi juga mengenai - keamanan negara,” kata Dave kepada wartawan, Minggu 12 September 2021.

Dugaan pembobolan itu, kata Dave menunjukkan lemahnya sistem digitalisasi di Indonesia. Padahal, saat ini pemerintah menggencarkan industri 4.0.

“Ini menunjukkan betapa lemahnya sistem digitalisasi kita, padahal kita sudah menggembor-gemborkan industry 4.0 dan juga internet of things. Lalu kita juga terus mendorong untuk pelayanan-pelayanan kepada masyarakat diarahkan ke sistem elektronik,” jelasnya.(dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here