Monday, 6 May 2024
HomeNasionalHarta Kekayaannya Melonjak, Menag Bantah Bukan Hasil Korupsi

Harta Kekayaannya Melonjak, Menag Bantah Bukan Hasil Korupsi

Bogordaily.net – Sejumlah pejabat pemerintah disorot lantaran memiliki harta kekayaan yang cukup drastis, salah satunya Menteri Agama () Yaqut Cholil Qoumas. Yaqut menegaskan penambahan hartanya itu sebelum menjadi menteri dan merupakan hasil dari usaha pribadinya, bukan dari korupsi.

Yaqut menjelaskan, harta kekayaan yang dilaporkan pada tahun 2018 sebesar Rp 936.396.000. Kemudian Yaqut dilantik sebagai Menteri Agama () pada 23 Desember 2020. Kemudian harta kekayaannya meningkat saat dilaporkan dalam 31 Desember 2020 sebesar Rp 11,2 miliar.

Yaqut mengaku rutin melaporkan harta kekayaannya sebagai komitmen terhadap transparansi dan regulasi. Yaqut mengaku penambahan hartanya diperoleh saat sebelum menjabat , sebelumnya selain pernah menjadi anggota DPR, Yaqut mengaku pendapatannya juga berasal dari usaha pribadinya.

“Penambahan harta diperoleh sebelum menjabat sebagai Menteri Agama. Selain sebagai anggota DPR, pendapatan itu diperoleh melalui usaha pribadi, ,” kata Yaqut saat dihubungi, Rabu 15 September 2021.

Sebelumnya, sejumlah pejabat pemerintahan disorot lantaran mengalami kenaikan harta cukup drastis. Salah satu pejabat yang disorot publik adalah Yaqut Cholil Qoumas karena dinarasikan harta kekayaannya mengalami peningkatan drastis saat masa pandemi Corona.

Namun, saat dicek di data KPK, harta kekayaan Yaqut yang dilaporkan pada 2018 sebesar Rp 936.396.000. Sementara pada 2020 dalam Yaqut harta kekayaannya meningkat sehingga nilainya menjadi Rp 11.158.093.639.(dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here