Thursday, 25 April 2024
HomeTravellingInstragramable, Jembatan yang Membentang di Atas Sungai Ciliwung Kebun Raya Bogor

Instragramable, Jembatan yang Membentang di Atas Sungai Ciliwung Kebun Raya Bogor

Bogordaily.net – Kebun Raya Bogor salah satu destinasi wisata favorit warga Jabodetabek terutama saat akhir pekan dan hari libur.

Pengunjung bisa bersantai bersama keluarga menikmati keindahan dan keasrian taman ini.

Selain aneka pepohonan, di Kebun Raya Bogor juga ada instagramable yang membentang di atas Sungai Ciliwung yang membelah kawasan konservasi tersebut.

Dikutip dari laman resmi Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, berikut tiga instagramble di Kebun Raya Bogor:

<• Surya Lembayung

ini menghubungkan ujung hilir Taman Sujana Kassan atau Taman Bhineka dengan letak posisi Pohon Jodoh.

Sebenarnya, ini bukan sebuah istimewa. ini dibangun untuk mempermudah pengunjung yang memakai kendaraan mobil untuk melintas dari Barat ke Timur atau sebaliknya.

ini mempunyai panjang 26 meter dan lebar enam meter dan merupakan lintasan putaran terakhir bagi pengunjung dan ini diresmikan pada 25 Mei 2002.

Bogor

<• Gantung Hulu atau Jembatan Merah

Jembatan gantung berwarna merah ini dibangun jaman kolonial Belanda membentang di atas Sungai Ciliwung, lokasinya terletak di ujung sbelah timur Taman Mexico menyeberang ke arah Jalan Kenari II.

Jembatan ini terkesan klasik sehingga sering dijadikan tempat swafoto, sangat instagramable yang bertemakan foto jadul atau kuno.

Banyaknya celah diantara tali seling baja penyangga dan pagar sepanjang jembatan ini, harus ekstra hati-hatian saat melintasi jembatan ini.

Terutama pengunjung yang membawa anak kecil, dengan jumlah maksimum 10 orang dewasa dalam satu penyeberangan secara bersamaan.

<• Jembatan Gantung Hilir

Jembatan Gantung Hilir yang berlokasi di ujung Jalan Kenari II, sebagai sarana menyeberang ke arah Makam Mbah Jepra dan mempunyai kontruksi serta warna yang sama dengan jembatan gantung hulu.

Namun sayang sampai sekarang, jembatan ini tidak dapat difungsikan karena kondisinya sudah tidak layak dan berpotensi membahayakan.

Jembatan Sawit, berlokasi di dekat monumen kelapa sawit, mempunyai panjang sekitar kurang lebih 34 meter dan lebar sembilan meter.

Awalnya jembatan ini mempunyai lebar 4 meter, pada tahun 2015 dilakukan pemugaran dan pelebaran jalan.

Jembatan yang selalu dicat warna putih ini bergayakan arsitektur modern, terlihat sangat kokoh dan elegant, sehingga sering dijadikan salah satu spot berswafoto.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here