Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaKetua DPRD Kota Bogor Dorong Percepatan Perbaikan Jalan Soleh Iskandar yang Ambles

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Percepatan Perbaikan Jalan Soleh Iskandar yang Ambles

Bogordaily.net – Kondisi (Sholis) yang berada di depan eks Mall Mega M, mengalami kerusakan berupa badan jalan yang amblas lebih dari setengah meter.

Banyaknya aduan dari masyarakat yang mengeluhkan kondisi jalan, membuat , bersama anggota DPRD Karnain Asyhar dan Mardiyanto melakukan pengecekan jalan, Senin 31 Agustus 2021.

Atang bersama Karnain dan Mardiyanto pun melakukan pengukuran dan diketahui kedalaman jalan yang amblas mencapai 56.5 centimeter.

Dengan kondisi jalan yang semakin mengkhawatirkan karena semakin ambles dan banyaknya retakan di badan jalan, Atang meminta kepada Kementerian PUPR yang diwakili oleh Kepala Staf PPK 5.2 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta – Jawa Barat, Kemen PUPR Arimi Indira agar melakukan penanganan dan perbaikan agar tidak memakan korban.

“Langkah taktis yang harus cepat dilakukan adalah sterilisasi satu jalur oleh Dishub untuk pengamanan,” jelas Atang.

Soleh
Anggota DPRD Karnain Asyhar mengukur ketinggian keretakan yang ambles, Senin 31 Agustus 2021. (istimewa/Bogordaily.net)

Kedua, hasil komunikasi dengan pihak KemenPUPR, akan dilakukan langkah penanganan sementara melalui pemasangan plat baja.

“Sambil menunggu penghitungan, penganggaran, dan pelaksanaan perbaikan dari Pusat, direncanakan untuk dipasang plat baja untuk mengurangi tekanan beban oleh KemenPUPR,” tambah Atang.

Selain melakukan pengukuran jalan yang amblas, Atang bersama Indira juga melakukan pengecekan terhadap bagian bawah jalan yang merupakan aliran Sungai Cipakancilan.

Dari hasil pengecekan diketahui adanya retakan pada tanggul penahan tanah (TPT) yang berada dibawah jalan.

“Secara kasat mata tanggul penahan tanah sudah ada doyong ke luar, dan ada retakan, sedangkan beban jalan berat sehingga tanah bergeser,” jelas Atang.

Lebih lanjut, untuk mempercepat proses , Atang mengaku akan membuka komunikasi dengan Komisi V DPR-RI untuk membantu mendorong Pemerintah Pusat melaksanakan perbaikan sesegera mungkin.

“Intinya DPRD akan membantu Pemkot, berkoordinasi dengan pemerintah pusat (PUPR). Kami juga akan berkoordinasi dengan Komisi 5 DPR RI agar menjadi perhatian serius,” tegasnya. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here