Friday, 19 April 2024
HomeBeritaMas Pardi, Bapak Pelayaran Indonesia

Mas Pardi, Bapak Pelayaran Indonesia

Bogordaily.net – Laksamana Muda TNI (Purn) (1 Oktober 1901 – 13 Agustus 1968) adalah pendiri dan sekaligus pemimpin dari BKR Laut pusat, seperti bersumber dari Wikipedia.

BKR Laut pusat merupakan cikal bakal dari TNI Angkatan Laut. juga terkenal sebagai “Bapak ” dengan banyak mendirikan sekolah maritim pada saat itu.

Pada tanggal 10 September 1945 BKR laut diubah namanya menjadi TKR Laut. Pada saat itu jabatan masih bernama Kepala Staf Umum TKR Laut.

Atas usulan , Badan Diklat Perhubungan Republik Indonesia mendirikan Akademi Ilmu yang menyelenggarakan Program Diploma III (setara dengan BSc) dengan 2 jurusan antara lain: Nautika dan Teknika (sertifikat kompetensi Klas III) dengan lama pendidikan 3-4 tahun.

Mas Pardi

Pada 27 Februari 1957, AIP diresmikan oleh Bung Karno. Saat itu juga menjadi Akademi Pertama di Indonesia dengan lokasi kampus yang berada di Jl. Gunung Sahari, Mangga Dua Ancol, Jakarta Utara.

pun ditunjuk sebagai juga sebagai pengajar di AIP. Sementara kepala AIP pertama ialah HP Kalangi, seorang Indo Belanda yang aktif juga dalam dunia kepelautan.

Tugas lembaga pendidikan ini hanya satu yaitu menyiapkan SDM Pelaut Indonesia yang andal dan terampil, sebagaimana isi pidato Bung Karno pada saat meresmikan IAL.

Beliau wafat di Poliklinik SPM Semarang, Jawa Tengah karena sakit dalam usia 66 tahun, hari Selasa tanggal 13 Agustus 1968 jam 18.45 WIB.

Makam beliau dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, Semarang, Jawa Tengah pada tahun 2012.

Sebagai penghormatan atas jasa-jasanya namanya diabadikan menjadi salah satu gedung yang berada di Politeknik Ilmu Semarang  dan Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here