Friday, 19 April 2024
HomeNasionalMimbar Masjid Dibakar, JK Minta Warga Jangan Terprovokasi

Mimbar Masjid Dibakar, JK Minta Warga Jangan Terprovokasi

Bogordaily.net – Mantan Wakil Presiden RI yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia () (JK) meminta warga tidak terprovokasi terkait pristiwa pembakaran mimbar dan menyerahkan kasus tersebut kepada polisi.

“Saya selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia mengecam keras tindakan pembakaran mimbar yang diperkirakan terjadi pada dini hari tadi. Dan saya berharap kepada masyarakat terutama umat Islam di Makassar dan daerah lainnya di Indonesia agar tidak terprovokasi atas tindakan tersebut,” ujar JK dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 25 September 2021.

Mantan Ketua Umum Golkar ini meminta kepada kepolisian akan mengungkap tujuan pelaku melakukan aksi pembakaran mimbar masjid.

“Saya yakin dan percaya, aparat kepolisian segera menangkap pelaku serta mengungkap motifnya,” tuturnya.

Guna mengantisipasi terulangnya kasus serupa di masjid lain, JK mengingatkan kepada jajaran pengurus masjid di seluruh wilayah untuk meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan kepada aparat terkait apabila melihat hal-hal yang mencurigakan. Terlebih menurutnya, aksi kriminalitas terhadap ulama mulai marak kembali belakangan ini.

“Saya berharap kepada para pengurus masjid di Indonesia untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat hal hal yang mencurigakan. Apalagi belakangan ini kriminalisasi kepada ulama mulai marak lagi terjadi,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga turut prihatin atas terjadinya sejumlah kasus kekerasan yang menimpa ulama atau tokoh agama belakangan ini.

“Semoga aparat kepolisian bersama sama masyarakat dapat mencegah terjadinya kasus kasus seperti di masa yang akan datang,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, polisi menangkap pelaku yang membakar mimbar , Sulawesi Selatan. Pelaku berinisial K itu diamankan untuk diinterogasi lebih lanjut.

“Sudah ditangkap, pelaku inisial K,” ucap Kapolrestabes Makassar Kombes Urip Witnu Laksana, Sabtu 25 September 2021.

Kombes Witnu mengungkapkan, kalau pelaku ditangkap sekitar pukul 13.35 Wita atau tidak lama setelah pihak kepolisian melakukan olah TKP di lokasi. Pelaku K diamankan tak jauh dari lokasi .

“(Ditangkap) di seputaran Al Markaz,” ucap Witnu.

Witnu mengungkapkan, kalau pelaku adalah warga sekitar dan pengangguran. Pelaku ini masih diinterogasi aparat di lapangan, termasuk mencari tahu motif pembakaran.

“Pelaku pengangguran. Motif masih didalami,” pungkasnya.

Aksi pembakaran mimbar masjid ini terjadi sekitar pukul 01.30 Wita dini hari tadi. Aksi pelaku itu sempat disaksikan warga tapi berhasil melarikan diri.(Saleh Hermawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here