Friday, 26 April 2024
HomeTravellingOMG! Makanan Papeda Ternyata Sudah Ada Sejak Jaman Prasejarah

OMG! Makanan Papeda Ternyata Sudah Ada Sejak Jaman Prasejarah

Bogordaily.net – Makanan khas Papua ternyata merupakan kuliner yang memiliki sejarah tertua di Indonesia. Bayangkan saja makanan terbuat dari sagu itu ada sejak jaman prasejarah.

Hal itu terungkap berdasarkan temuan gerabah dan alat batu tokok sagu di situs arkeologi di kawasan Danau Sentani, Papua.

dimasak menggunakan wadah gerabah, tradisi gerabah di Papua mulai dikenal sejak masa prasejarah sekitar 3.000 tahun yang lalu. Pengetahuan penggunaan gerabah dan teknologi pembuatan gerabah diperkenalkan oleh orang berbahasa Austronesia.

Sekitar 3.000 tahun yang lalu budaya gerabah ini diperkenalkan di daerah pesisir utara Papua dan pulau-pulau di lepas pantai Papua.

Seperti diketahui pohon sagu hanya tumbuh di dataran rendah Papua. Budaya di papua hanya dikenal di daerah pesisir Papua dan pulau-pulau lepas pantai Papua.

Pati sagu menjadi bahan utama pembuatan . Sagu bersama pisang, keladi, kelapa, sukun dan tebu merupakan bahan makanan yang dikonsumsi sejak masa prasejarah di Papua.

Di Papua, hingga saat ini, budaya kuliner hanya dikenal di pesisir utara Papua, pesisir Kepala Burung Papua dan pulau-pulau lepas pantai Papua. tidak dikenal di wilayah pegunungan Papua dan pesisir selatan Papua.

merupakan kuliner khas Papua berbahan pati sagu. Terdapat dua jenis yaitu panas dan bungkus.

Kuliner papeda panas sepintas mirip bubur, pembuatannya yaitu pati sagu diberi perasan air jeruk nipis kemudian disiram dengan air mendidih. Papeda panas dinikmati dengan lauk ikan kuah kuning dan sayur tumisan daun pepaya.

Papeda bungkus, papeda ini dibungkus menggunakan daun fotofe atau forofe (sejenis daun pisang-pisangan).

Pembuatan papeda bungkus yaitu papeda panas diambil secukupnya kemudian dibungkus dalam daun fotofe. Selanjutnya didiamkan beberapa saat hingga papeda menjadi dingin, kemudian baru dapat dinikmati.(dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here