Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaPenghulu Ini Sering Berikan Nasehat untuk Pengantin Saat Ijab Kabul

Penghulu Ini Sering Berikan Nasehat untuk Pengantin Saat Ijab Kabul

Bogordaily.net – Baru-baru ini ada seorang penghulu viral di media sosial. yang disampaikan kepada para yang dinikahkan mencuri perhatian publik.

Tak hanya satu, ada beberapa cuplikan video yang dibagian di media sosial. Diketahui bahwa penghulu yang viral tersebut merupakan Kepala KUA Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa timur, Ustadz Anaz Fauzi.

Videonya saat ini sudah viral di media sosial, terutama pada aplikasi TikTok dan Instagram. Anas mengaku, video yang viral itu dilakukan saat pra atau pasca ijab .

Karena dalam proses ijab memang harus serius sesuai dengan aturan. Video yang viral tersebut merupakan sebuah potongan-potongan video sebelum ataupun sesudah proses ijab .

Diketahui bahwa Ustadz Anas Fauzi memiliki ciri khas dengan gaya nasihatnya. Anas mengaku, kerap kali menyisipkan ilmu menikah saat memimpin ijab .

Alumnus Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor ini juga sering kali mendapati pihak yang menikah tidak tahu betul beberapa hal yang harus disiapkan sebelum perkawinan.

Padahal, hal tersebut sangat penting diketahui agar tidak terjadi hal-hal buruk di kemudian hari.

Biasanya, pemahaman tentang ini disampaikan Ustadz Anas pada momen tersebut, sesaat sebelum melangsungkan akad nikah.

Di antara persiapan yang harus dilakukan menurut Ustadz Anas ialah memperkaya ilmu nikah, menuntut ilmu, dekat dengan ulama dan kerja. Selain itu, juga menyiapkan maskawin yang disukai calon istri.

Salah satu potongan video yang viral yakni Ustadz Anas, memberikan nasihat dan bimbingan bagi pasangan wanita.

Ia awalnya menanyakan soal tugas istri keapda si wanita yang duduk di hadapannya.

“Apa yang kau lakukan untuk Nyenegno (membahagiakan) suamimu?,” tanya sang penghulu pada wanita. Dengan suara lirih dan terdengar agak ragu, pengantin wanitu pun menjawab pertanyaan pak penghulu.

“Aa.. Melayani..,” jawab pengantin wanita dengan ragu.

“Melayani?? Lapo?? Melayani opo??,” tanya pak penghulu lagi.

Dijawab dengan nada sedikit ragu, pengantin pria dan penghulu pun langsung tertawa. Pertanyaan yang diberikan oleh sang penghulu rupanya belum berakhir.

Ustadz Anas masih melanjutkannya untuk mengetahui jawaban apa yang akan diberikan pengantin wanita tentang layanan seperti apa yang diberikan istri kepada suaminya.

“Semuanya pak..,” jawab pengantin wanita.

Sembarangkalir (semuanya),” tambahnya.

Sembarangkalir??,” tanya penghulu.

Mbenahno genteng bocor barang'on.. (membetulkan genteng bocor juga),” ucap penghulu lagi.

Ustadz Anas lantas memberikan nasihatnya kembali. Ia mengatakan jika tugas istri salihah untuk suaminya adalah taat.

Ustadz Anas pun menanyakan kesanggupan pengantin wanita untuk taat pada suaminya. Pengantin wanita langsung menjawabnya bahwa ia sanggup.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here