Sunday, 28 April 2024
HomeTravellingPopuler! Kuliner Khas Indonesia yang Sering Disantap Wisatawan

Populer! Kuliner Khas Indonesia yang Sering Disantap Wisatawan

Bogordaily.net – Indonesia adalah surga dengan berbagai aneka rasa. Banyak restoran hingga warung sederhana berjejer di pinggir jalan menawarkan beragam makanan lezat.

Banyak di antaranya menggunakan bumbu dan rempah-rempah untuk meningkatkan rasa. Hidangan yang menggiurkan akan membuat Anda ketagihan.

- khas nusantara yang seperti rendang, bakso dan sate sering menjadi santapan warga termasuk atau traveler yang menikmati keindahan alam serta keunikan budaya Tanah Air.

Melansir dari Indonesia.Travel, ini 5 nusantara yang sangat dan wajib dicoba saat berwisata di Indonesia :

Kuliner

<• Pempek di Palembang

Pempek merupakan hidangan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Memiliki lapisan luar yang garing dan tekstur kenyal yang lembut.

Masakan lezat ini disajikan dengan kuah asam manis yang disebut kuah cuko. Menu pendamping pempek yang biasa adalah irisan ketimun dan mie.

Kuliner

<• Rendang di Padang

Rendang asal Sumatera Barat dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Daging sapinya yang empuk dimasak dengan sempurna dengan bumbu dan rempah yang beraroma.

Karena teksturnya yang kenyal dan keseimbangan rempah yang sempurna, rendang menjadi favorit para .

Legenda mengatakan bahwa orang Minangkabau membawa hidangan ini dalam perjalanan jauh.

Mereka membutuhkan makanan yang bisa diawetkan secara tradisional, tidak kehilangan rasa dan kesegarannya.

Masyarakat Minangkabau biasa memasak daging sapi dengan bumbu tradisional dan santan selama sekitar tujuh sampai delapan jam.

Cara konvensional mengawetkan daging dengan tetap menjaga rasa gurihnya tetap utuh.

Kuliner

<• Gudeg di Yogyakarta

Gudeg adalah sajian manis ikonik Yogyakarta . Terbuat dari nangka mentah atau gori yang dipadukan dengan santan kental dan gula aren.

Untuk mendapatkan cita rasa gudeg yang autentik orang sering juga memasaknya dalam panci tanah liat di atas api kayu atau arang.

Camilan lezat ini sering disajikan dengan bumbu seperti ayam, telur rebus, tempe, tahu dan sambal krecek atau kulit sapi renyah dengan sambal.

Gudeg biasanya dijual di jalanan Yogyakarta, tetapi tempat paling terkenal untuk membeli gudeg adalah Wijilan dan Barek.

Kuliner

<• Lumpia di Semarang

Semarang terkenal dengan makanannya yang lezat, termasuk hidangan khasnya yang disebut lumpia.

Hidangan pembuka ini terinspirasi dari lumpia Cina tetapi dimodifikasi dengan rasa otentik dari Semarang.

Lumpia menawarkan cita rasa Indonesia dalam isinya dengan bahan-bahan seperti rebung, ayam cincang, telur dadar, ebi atau udang kering yang dimasak dengan bumbu yang sempurna.

Lumpia memiliki lapisan luar yang tipis dan renyah dengan isian sayur yang manis gurih di dalamnya. Disajikan dengan saus khusus, bumbu yang sempurna untuk menyertainya.

Kuliner

<• Ketoprak di Jakarta

dijual di jalanan Jakarta , ketoprak dianggap sebagai rujak tahu. Terdiri dari tahu goreng, telur rebus, ketupat atau lontong, bihun, tauge, kol dan mentimun.

Ditaburi dengan saus kacang yang gurih dan kecap manis serta taburan bawang merah goreng dan kerupuk.

Rasa manis pedas dari kuah dan sedikit garam dari tahu gorengnya melengkapi hidangan ini. Ini harus dicoba ketika Anda mengunjungi Jakarta.

Konon hidangan ini muncul ketika seorang pria yang hanya makan kue beras dan tauge untuk dimakan, memutuskan untuk menikmati apa yang dimilikinya.

Jadi dia menumbuk beberapa kacang tanah, bawang putih dan cabai serta menambahkan air untuk membuat saus yang kental.

Dia menambahkan bumbu kacang ini ke bahan sederhana dan menciptakan ketoprak , makanan jalanan terkenal di Indonesia.

Setiap gigitan makanan Indonesia penuh dengan cita rasa Indonesia yang eksotis.

Ini menggabungkan bahan-bahan terbaik dari alam dengan cerita-cerita komunitas lokal dan menawarkan pengalaman kuliner yang sempurna.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here