Friday, 19 April 2024
HomeNasional'Recover Together, Recover Stronger' Tema Indonesia Pada Presidensi G20 Tahun 2022

‘Recover Together, Recover Stronger’ Tema Indonesia Pada Presidensi G20 Tahun 2022

Bogordaily.net – Mulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022 mendatang, mendapatkan kepercayaan memegang Tahun 2022.

Dalam Presidensi tersebut mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” atau “Pulih Bersama, Bangkit Perkasa”.

“Ini untuk pertama kalinya memegang sejak G20 didirikan. Presidensi akan mengambil tema ‘Recover Together, Recover Stronger',” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, Selasa (14/09/2021).

Serah terima presidensi ini akan dilakukan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Roma pada tanggal 30-31 Oktober mendatang.

“Ini tentunya merupakan kepercayaan, tetapi pada saat yang sama juga merupakan sebuah tanggung jawab besar bagi , yang insyaallah akan kita tunaikan sebaik mungkin,” ujar Menlu.

Dalam keterangan persnya, Retno juga memaparkan mengenai logo yang akan digunakan pada Indonesia. Elemen yang ada pada logo tersebut antara lain:

1. Dasar logo bewarna merah putih yang merupakan representasi bendera Indonesia.

2. Gunungan, menggambarkan peranan aktif Indonesia dalam membawa dunia memasuki babak baru, yaitu pemulihan pascapandemi secara bersama.

3. Kawung, melambangkan kesempurnaan, keadilan, dan keperkasaan.

4. Perpaduan Gunungan dan Kawung terlihat sebagai sulur tanaman yang terus tumbuh, merupakan representasi semangat pemulihan ekonomi secara bersama.

5. Tulisan G20 Indonesia 2022.

“Dengan logo tersebut, Indonesia berkomitmen bahwa Presidensi Indonesia akan memberikan dampak positif tidak saja bagi seluruh rakyat Indonesia tetapi juga bagi dunia,” imbuhnya.

Menutup keterangan persnya, Menlu menegaskan bahwa Indonesia akan bekerja keras, untuk menyukseskan di tahun 2022.

“Pemerintah sangat mengharapkan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia bagi suksesnya Presidensi Indonesia, dan pemerintah akan bekerja keras agar amanah akan memberikan manfaat maksimal bagi rakyat Indonesia dan akan meneguhkan peran dan kepemimpinan yang selama ini dijalankan Indonesia di dunia internasional,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here