Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSepertiga Spesies Pohon di Dunia Terancam Punah

Sepertiga Spesies Pohon di Dunia Terancam Punah

Bogordaily.net – Sebuah hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa hampir sepertiga spesies di berada dalam risiko kepunahan.

Sementara itu, ratusan spesies lainnya di telah berada dalam ambang kepunahan.

Hasil penelitian tersebut diterbitkan oleh Botanic Gardens Conservation International (BGCI) pada Rabu (1 September 2021).

Isi dari hasil penelitian tersebut mengatakan sekitar 17.500 spesies atau 30 persen dari total spesies di seluruh berada dalam risiko kepunahan.

Sementara 440 spesies lainnya memiliki kurang dari 50 spesimen yang tersisa di alam liar.

Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa secara keseluruhan jumlah spesies pohon yang terancam adalah dua kali lipat jumlah gabungan mamalia, burung, amfibi dan reptil yang terancam.

“Laporan ini adalah peringatan bagi semua orang di seluruh bahwa pohon membutuhkan bantuan,” katanya seperti dikutip dari Al Jazeera.

Diketahui, dari berbagai spesies pohon yang paling rentan punah adalah spesies termasuk magnolia dan dipterokarpa.

Menurut hasil penelitian tersebut, spesies itu umumnya ditemukan di hutan hujan Asia Tenggara. Pohon ek, pohon maple dan eboni juga menghadapi ancaman.

Keberadaan pohon sendiri diketahui membantu mendukung ekosistem alami dan dianggap penting untuk memerangi pemanasan global dan perubahan iklim.

Kepunahan suatu spesies pohon saja dapat berpengaruh pada hilangnya banyak spesies lainnya.

“Setiap spesies pohon penting bagi jutaan spesies lain yang bergantung pada pohon, dan bagi orang-orang di seluruh ,” kata Paul.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here