Friday, 29 March 2024
HomeBeritaSerentetan Ledakan Bom Terjadi di Afghanistan, Taliban Diambang Perpecahan

Serentetan Ledakan Bom Terjadi di Afghanistan, Taliban Diambang Perpecahan

Bogordaily.net – Serentetan ledakan membuyarkan iring-iringan kendaraan di Jalalabad pada akhir pekan kemarin. Delapan orang tewas, di antaranya sejumlah anggota . Pada Senin 20 September 2021, tiga ledakan susulan terdengar di kota yang dikenal sebagai benteng Islamic State Khorasan (IS-K) tersebut.

Eskalasi serangan oleh IS-K dilancarkan ketika mendapat tekanan internasional untuk meredam aktivitas terorisme di tanah airnya.

Para pemimpin membutuhkan pengakuan dunia untuk mengamankan kekuasaan, dan mengakses bantuan keuangan. Tapi status tersebut hanya bisa didapat jika Afganistan tidak lagi menjadi ladang terorisme, begitu syarat yang ditekankan Cina, dan bahkan jiran .

“Kami pikir jika berkuasa, damai akan tiba,” kata Feda Mohammad yang kehilangan saudara kandung dan keponakannya yang berusia 10 tahun dalam ledakan pada hari Minggu 19 September 2021 di Jalalabad.

“Tapi nyatanya tidak ada perdamaian, tidak ada keamanan. Anda tidak mendengar kabar baru kecuali ledakan bom yang menewaskan si A atau B,” imbuhnya.

Kendati berbahaya, IS-K bukan prioritas utama yang terlebih dulu harus menjalankan pemerintahan sipil, di tengah kehancuran ekonomi dan sistem kesehatan, bencana kekeringan, kemiskinan serta kelaparan yang mengintai di Afganistan.

“Penderitaan kami sudah di puncak. Masyarakat tidak punya pekerjaan, mereka menjual karpet untuk membeli tepung, sudah begitu ada ledakan dan Islamic State mengklaim bertanggungjawab” kata Abdullah, seorang pedagang di Jalalabad.

IS provokasi perpecahan Taliban

Serangan di Jalalabad menandakan “kebangkitan dramatis” Islamic State, kata Ibrahim Bahis, analis untuk International Crisis Group. “Bisa jadi akan tercipta konflik jangka panjang antara kedua kelompok.”

Saat ini kekuatan Taliban masih jauh melebihi IS-K, dan pakar meragukan kelompok teror itu akan mampu menciptakan ancaman eksistensial terhadap penguasa baru Afganistan. Tapi jika ledakan bom berlanjut, kata Franz Marty, analis di Kabul, “masalahnya akan menjadi besar.”

“Teror mengubah persepsi orang. Jika Taliban tidak bisa memenuhi janjinya menjamin keamanan, ini bisa mengubah sentimen publik, terutama di wilayah timur.”

Kawasan yang berbatasan langsung dengan itu sejak lama menjadi sarang militansi etnis Pashtun. IS-K sendiri didirikan oleh pelarian Tehrik-e Taliban (TTP), dan berekspansi dengan merekrut bekas gerilyawan Taliban.

Pembelotan kaum Islamis di tubuh Taliban semakin rajin dilaporkan sejak beberapa tahun lalu, terutama sejak Taliban mulai bernegosiasi dengan pemerintahan Presiden Donald Trump, dan sebabnya dianggap bersekutu dengan kaum kafir.

Analis di Soufan Center, New York, Senin 20 September melaporkan, kelompok Islamic State Khorasan “merupakan salah satu risiko paling serius bagi perpecahan di tubuh Taliban, terutama ketika kelompok ini berusaha mengkonsolidasikan kekuatan dan memainkan peranan besar di Afganistan.”

Laporan itu menyimpulkan, ketika Taliban disibukkan oleh perebutan kekuasaan antara kaum pragmatis dan ideologis, Islamic State makin giat merekrut gerilyawan di kalangan akar rumput.(dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here