Friday, 3 May 2024
HomeBeritaSimak Yuk, Ini Manfaat Vitamin B Kompleks

Simak Yuk, Ini Manfaat Vitamin B Kompleks

Bogordaily.net – Apa manfaat kompleks bagi kesehatan tubuh, dan mengapa kekurangan vitamin ini sangat berbahaya dan berisiko tinggi?

sebenarnya mengacu pada lebih dari satu vitamin, karena ada delapan yang berbeda secara total.

Jika Anda mengonsumsi suplemen yang mengandung kedelapan , ini disebut sebagai formula “ kompleks” atau “B kompleks”.

memiliki kemampuan untuk membantu mengubah nutrisi lain menjadi energi, menjaga metabolisme yang sehat dan untuk mendukung fungsi saraf.

Selain itu, vitamin ini juga menjaga fungsi hati, kesehatan kulit, kesehatan mata, dan pertumbuhan atau perkembangan janin selama kehamilan.

Maka sangat penting jika untuk mendapatkan asupan cukup kompleks, berikut manfaatnya dikutip Sahijab dari dr Axe.

Manfaat Kompleks

1. Membantu Membentuk Sel Darah dan Saraf

seperti vitamin B12 sangat penting dalam produksi sel darah di sumsum tulang dan untuk membentuk selubung saraf dan protein.

juga dibutuhkan untuk sinyal neurotransmitter, yang membantu otot Anda berkontraksi dan memberi Anda energi untuk menjalani hari.

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan berbagai gangguan neurologis dan kejiwaan.

Ini karena kekurangan vitamin B akan mengganggu pembentukan sel darah, kesehatan saraf, fungsi neurotransmitter dan proses neurologis.

Juga berpotensi menyebabkan gejala seperti anemia, mati rasa, kelemahan, demensia dan kebingungan.

2. Memberikan Energi dan Mendukung Metabolisme

Vitamin B, termasuk folat, memainkan peran kunci dalam membangun DNA, senyawa yang membentuk cetak biru genetik kita dan membantu kita berkembang sejak saat pembuahan.

Vitamin B juga dibutuhkan untuk metabolisme sel dan produksi energi, perbaikan DNA dan RNA sepanjang hidup kita.

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan komplikasi tiroid dan adrenal. Dan dengan demikian menciptakan banyak gejala negatif.

Seperti kelelahan, penambahan atau penurunan berat badan, kesulitan tidur, lekas marah, dan banyak lagi. Selain itu, kadar vitamin B12, B2, dan zat besi yang rendah semuanya dapat menyebabkan anemia dan kelelahan.

3. Membantu Melawan Penyakit Jantung

Folat, vitamin B6 dan vitamin B12 mencegah penyakit jantung, serta penyakit kronis lainnya seperti kanker.

Apa fungsi vitamin B untuk kesehatan jantung? Folat, vitamin B6 dan vitamin B12 membantu mengubah homosistein menjadi metionin, asam amino yang membantu tubuh membangun protein baru.

Homocysteine adalah asam amino dalam darah, dan peningkatan kadar telah dikaitkan dengan demensia, penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis.

Homocysteine sangat bermasalah karena sebagai produk sampingan dapat berkontribusi pada penyakit penyumbatan arteri yang dikenal sebagai aterosklerosis.

Vitamin B5 juga melindungi kesehatan jantung dengan membantu menyeimbangkan gula darah, mengurangi kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu mencegah gagal jantung.

Vitamin B7 dan kromium bersama-sama juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol, terutama pada penderita diabetes dan yang rentan terhadap penyakit jantung.

4. Mendukung Kesehatan Kulit, Otot dan Pertumbuhan Rambut

Apakah vitamin B membantu menumbuhkan rambut Anda? Iya. Karena vitamin B mendukung peremajaan sel, mereka dapat bermanfaat bagi kulit, kuku, dan rambut Anda.

Vitamin B dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan mengurangi kemerahan, kekeringan, peradangan, dermatitis, eksim dan noda jerawat.

Mengkonsumsi vitamin B yang cukup dapat membantu mengurangi kerusakan rambut dan kerontokan rambut dan dapat membantu kuku menjadi lebih kuat.

Ketika berbicara tentang rambut beruban atau putih, ini disebabkan oleh penurunan pigmentasi rambut Anda dan berhubungan dengan penuaan.

5. Membantu Perkembangan dan Membantu Mencegah Cacat Lahir

Mengkonsumsi cukup folat selama kehamilan membantu melindungi terhadap perkembangan janin dari cacat lahir, seperti spina bifida dan anencephaly.

Ibu dari anak-anak dengan spina bifida cenderung memiliki tingkat folat dan vitamin lain yang lebih rendah.

Oleh karena itu, saat ini semua wanita hamil dianjurkan untuk melengkapi dengan folat selama kehamilan.

Folat paling penting untuk perkembangan janin dalam beberapa minggu pertama setelah pembuahan, seringkali sebelum seorang wanita tahu bahwa dia hamil.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Otak dan Sistem Saraf

Vitamin B diperlukan untuk membantu memproduksi neurotransmiter di otak, yang membawa sinyal kimia ke seluruh tubuh.

Ini akan memengaruhi suasana hati, energi, nafsu makan, dan banyak lagi. Vitamin B5 juga berperan dalam memproduksi hormon seks dan stres terkait seperti kortisol yang diproduksi di kelenjar adrenal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here