Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaSimpel! Begini Amalan Dahsyat Agar Rezeki Mengejar Kita

Simpel! Begini Amalan Dahsyat Agar Rezeki Mengejar Kita

Bogordaily.net – Banyak yang banting tulang memforsir tenaga untuk mendapatkan . Hasilnya, terkadang tidak sesuai dengan pengorbanan.

Bahkan, lelah melanda karena terlalu mati-matian mengejarnya. Ternyata, Allah Ta'ala menjanjikan satu hal yang rasanya dianggap mustahil. Yakni, bisa mengejar kita.

Caranya hanya satu, yakni menjadi orang yang bertakwa. Allah Ta'ala memang menjanjikan jaminan harta yang mencukupi untuk mereka yang senantiasa menjaga ketakwaan.

Golongan orang-orang yang bertakwa akan mendapat jaminan dari Allah Subhanahu wa Taala hingga berlimpah.

Bahkan, tersebut akan datang dari arah yang tidak disangka-sangka. Hal itu dijelaskan Allah Subhanahu wa Taala dalam Surat Ath-Thalaq ayat 2-3,

“Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, Dia akan memberikan baginya jalan keluar dan memberinya dari jalan yang tidak disangka-sangka. Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, Dia akan memberikan kecukupan baginya.”

Tawakal berarti berserah diri dan menyandarkan hati hanya kepada Allah.

Golongan ini yakin hanya Allah saja yang dapat memberi, mencegah serta memberikan keburukan dan manfaat.

Sebagaimana dikatakan dari Umar bin Khaththab Radhiyallahu Anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Seandainya kalian sungguh-sungguh bertawakal kepada Allah, sungguh Allah akan memberi kalian sebagaimana Allah memberi kepada seekor burung yang pergi dalam keadaan lapar dan kembali dalam keadaan kenyang,” (HR. Imam Ahmad, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al Hakim. Imam Tirmidzi berkata hasan sahih).

Dalam hadis tersebut terlihat bahwa sikap tawakal yang benar harus disertai dengan mengambil sebab yang diisyaratkan.

Namun mengambil suatu sebab bukan berarti menafikan atau meniadakan tawakal.

Pada saat Rasulullah memasuki Kota Mekkah pada saat peristiwa Fathul Mekah, terakhir ini tetap menggunakan pelindung kepala.

Ini menunjukkan bahwa beliau mengambil sebab untuk melindungi diri beliau.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga telah memberi petunjuk untuk menggabungkan antara mengambil sebab dan bersandar kepada Allah. Sebagaimana beliau bersabda,

“Semangatlah kalian terhadap hal-hal yang bermanfaat bagi kalian dan mohonlah pertolongan kepada Allah,” (HR. Muslim 2664).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here