Thursday, 25 April 2024
HomeTravellingUji Coba Ganjil Genap di Hari Kedua, Kemacetan Parah di Simpang Gadog

Uji Coba Ganjil Genap di Hari Kedua, Kemacetan Parah di Simpang Gadog

Bogordaily.net – Saat uji coba pemberlakuan di hari kedua pada Sabtu 4 September 2021, kemacetan parah muncul di Simpang Gadog. dari arah Tol Jagorawi, mulai dari GT Ciawi hingga Simpang Gadog terlihat mengular.

Kemacetan yang sama juga terjadi di Jalan Raya Gadog, baik sebelum titik lokasi penyekatan ganjil genal maupun sesudah.

Bupati Ade Munawaroh Yasin mengatakan, kemacetan pagi ini memang biasa terjadi setiap akhir pekan. Karena warga kebanyakan ingin menikmati keindahan alam di kawasan Puncak sejak awal.

“Soal kemacetan, biasanya memang Sabtu itu lebih padat dari Jumat, karena Jumat itu kan masih kerja dan Jumat itu macetnya biasanya sore. Kalau Sabtu macetnya dari pagi sampai sore itu pasti padat,” kata Ade Yasin saat meninjau pelaksanaan uji coba di Simpang Gadog, Sabtu 4 September 2021.

Ade Yasin menegaskan, sistem di kawasan Puncak masih sebatas uji coba. Satgas COVID-19 akan mengevaluasi setelah dua pekan kedepan dan mempertimbangkan apakah akan dilanjutkan atau tidak.

“Kita ini uji coba selama dua minggu ya, hari ini uji coba pekan pertama. Nanti setelah dua minggu ke depan, kalau ada pengurangan aktifitas, kemudian masyarakat di sini juga kondusif, kita lihat saja nanti,” kata Ade Yasin.

“Tetapi ini saya kira ini (sistem ) belum menjadi permanen ya, karena pemberlakuan selama masa PPKM ini adalah menghindari keramaian di Puncak dan kita juga menghindari banyaknya kerumunan-kerumunan orang,” imbuhnya.

Selain sistem , Satgas COVID-19 juga mewajibkan wisatawan yang akan masuk ke kawasan Puncak untuk membawa sertifikat vaksin dan menunjukkannya di setiap titik penyekatan dan pemeriksaan.

“Ini baru satu hari, belum kelihatan efektif atau tidak. Tetapi sudah banyak yang kita putar balik karena nopol tidak sesuai aturan ganjil genap dan mereka yang lolos ke atas juga kita minta aplikasi peduli lindungi, supaya mereka yang naik ke atas adalah mereka yang sudah divaksinasi,” kata Ade Yasin.

Sampai saat ini, petugas gabungan masih melakukan penyekatan dan pemeriksaan di simpang Gadog. baik roda 4 maupun roda 2 nampak diputar balik karena nopolnya tidak sesuai dengan tanggal hari ini. Untuk diketahui, sesuai tanggal hari ini maka kendaraan yang dibolehkan mengarah ke Puncak adalah kendaraan bernopol genap.

Pantauan di lokasi pukul 09:30 WIB di titik penyekatan ganjil genap Simpang Gadog, nampak ratusan petugas gabungan TNI, Polri, Dishub, BPBD dan Satpol PP Kabupaten bersiaga dan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang mengarah ke Puncak.

Jalur menuju Puncak di titik penyekatan nampak di bagi dua dan dibatasi dengan traffic cone.

Setiap kendaraan bernopol genap akan diarahkan ke lajur kiri dan dipersilahkan melanjutkan perjalanan setelah menunjukkan sertifikat vaksin. Sementara untuk kendaraan bernopol ganjil diarahkan ke lajur kanan dan diminta untuk memutar arah kendaraannya.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here