Unik! Masjid di Kroasia Ini Seperti Kapal Luar Angkasa

Menu

Mode Gelap
Breaking News, Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak di Papua Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 15 September 2021 Cek Para Semifinalis Mojang Jajaka Kota Bogor Disini! Menu Baru Djoeragan Resto, Spicy Chicken Mozzarella with Salad Ponpes di Rumpin Ludes Terbakar, Hubungan Arus Pendek Diduga Jadi Penyebabnya

Internasional · 10 Sep 2021 19:12 WIB

Unik! Masjid di Kroasia Ini Seperti Kapal Luar Angkasa


 Masjid Islamic Center di Kota Rijeka, Kroasia. (Foto: ilmfeed/Bogordaily.net) Perbesar

Masjid Islamic Center di Kota Rijeka, Kroasia. (Foto: ilmfeed/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Kroasia memiliki sebuah masjid yang unik di Kota Rijeka. Tak cuma menjadi pusat ibadah umat Islam, masjid yang dibuka pada 2013 ini juga merupakan pusat kegiatan keislaman di kota pesisir tersebut.

Menghadap langsung ke sebuah teluk, masjid ini menjadi yang pertama di Laut Adriatik dan seluruh kawasan pantai Laut Adriatik setelah lebih dari lima abad.

Umat Islam di Rijeka sebenarnya telah meminta pembangunan masjid pada tahun 1968 untuk melayani lebih dari 10.000 Muslim yang mayoritas pendatang dari Bosnia dan juga Herzegovina yang tinggal di Rijeka dan daerah sekitarnya.

Kroasia

Tampilan masjid yang bergaya futuristik merupakan hasil rancangan pematung Kroasia terkemuka, Dušan Džamonja (1928 – 2009).

Belakangan, arsitek Darko VlahoviÊ dan Branko VuËinoviÊ menggunakan konsep tersebut untuk merancang apa yang terlihat saat ini.

Masjid yang dibangun mulai 2009 ini memiliki tampilan luar seperti sebuah kapal luar angkasa dengan bentuk kubah yang tidak sempurna.

Warna perak yang memenuhi seluruh bagian luarnya memberi kesan masjid yang berdiri megah di atas lahan seluas 10 ribu meter persegi.

Memiliki arsitektur modern dengan gaya futuristik dan artistik. Adapun bahan utamanya adalah baja dan beton.

Masjid Islamic Center Rijeka memiliki menara dengan tinggi 23 meter di bagian kanan yang dibangun dengan desain spiral yang berputar ke langit. Lampu di atas menara bagaikan suar untuk kapal-kapal yang lewat.

Bangunan masjid ini bahkan bisa terlihat hingga ke Teluk Kvarner yang berada di seberang lautan dekat dengan Krk Island. Di malam hari, penampakan masjid ini lebih indah.

Ketika waktu shalat tiba, Masjid Islamic Center Rijeka bisa menampung sampai 1.400 orang. Terdiri dari 4 lantai yang terpisah dari ruang utama shalat.

Masjid ini memiliki ruang untuk aktivitas lain, seperti aula serbaguna, ruang kuliah, taman kanak-kanak, perpustakaan, ruang makan, ruang tamu, kafetaria, lapangan olahraga, dan parkir.

Dengan fasilitas lengkap tersebut, Masjid Islamic Center Rijeka ini menjadi pusat kebudayaan Islam di Kroasia.***

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

G20 Bakalan Dipimpin Indonesia Mulai Desember 2021

18 September 2021 - 07:47 WIB

G20

Sejumlah Negara Mulai Ketar-Ketir dengan Kekuatan Maritim China

17 September 2021 - 17:52 WIB

Catat Nih! Di Tokyo Mahasiswa Jepang Belajar Bahasa Sunda dan Tari Jaipong

16 September 2021 - 12:23 WIB

Australia Bakal Miliki Kapal Selam Bertenaga Nuklir

16 September 2021 - 12:20 WIB

Enak Banget! Usai Divaksin Pekerja Ini Dapat 14 Juta

15 September 2021 - 22:38 WIB

Divaksin

13 Gorila di Kebun Binatang Atlantis Positif Corona

15 September 2021 - 13:35 WIB

Trending di Internasional