Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaWaspada! Jenis Minuman Berbahaya untuk Hati

Waspada! Jenis Minuman Berbahaya untuk Hati

Bogordaily.net merupakan organ padat terbesar dalam tubuh yang paling kompleks dan memiliki jutaan tugas penting, salah satunya adalah untuk menyaring racun dari aliran darah.

memecah dan membersihkan bahan kimia, nutrisi, obat-obatan, alkohol, dan racun lain di dalam darah sebelum mengalir ke seluruh tubuh.

Jika tidak menjalankan fungsinya secara optimal, tubuh akan dibanjiri racun.

Apa yang masuk ke tubuh, terutama minuman, memberikan efek sangat besar. Dilansir di laman Eat This, Not That!

Berikut adalah jenis minuman terburuk untuk :

<• Minuman beralkohol

Banyak orang paham bahwa minum alkohol dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sirosis alkoholik, di mana jaringan sehat diganti jaringan parut.

Akhirnya menyebabkan kematian atau juga butuh transplantasi untuk menyelamatkan nyawa.

Menurut John Hopkins Medicine, ada tahapan prekursor yang dilalui peminum dari waktu ke waktu.

Paling utama adalah penumpukan lemak di dalam sel serta  peradangan akut yang menyebabkan kematian sel dan jaringan parut.

Sirosis adalah tahap akhir yang sangat berbahaya dari penyakit berlemak. Pada saat itu, menjadi sangat terluka seperti ruang hampa yang tersumbat, darah tidak dapat mengalir melewatinya.

“Hampir semua orang yang banyak minum, bahkan setelah satu malam akan mengembangkan beberapa derajat perlemakan , tetesan lemak di hati yang menyebabkan hati tidak berfungsi terlalu baik,” kata spesialis gastroenterologi Rockford Yapp, yang berafiliasi dengan Advocate Good Samaritan Hospital.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (AS) mendefinisikan minum berat sebagai 15 minuman atau lebih perminggu untuk laki-laki, dan delapan minuman atau lebih mingguan untuk wanita.

Maka hati berlemak bisa menghilang secara perlahan-lahan, jika berhenti minum.

<• Kopi

Kopi sebenarnya bisa membantu hati. Kopi biasa mengandung katekin, sejenis antioksidan yang juga ditemukan dalam teh hijau serta polifenol bermanfaat lainnya.

Penelitian menunjukkan kopi dapat melindungi dari jenis kanker tertentu, termasuk kanker hati.

Misalnya, meta-analisis dalam jurnal Gastroenterology menemukan bahwa minum dua cangkir kopi ekstra sehari dikaitkan dengan 43 persen penurunan risiko kanker hati.

Namun jika minum kopi terlalu manis, maka cangkir pagi sama bahayanya dengan sekaleng soda.

<• Soda dan minuman manis

Minuman yang dimaniskan dengan gula adalah faktor tunggal terbesar yang berkontribusi terhadap obesitas.

Namun, tahukah bahwa soda, jus, minuman olahraga, limun, dan teh manis dapat menambah timbunan lemak ke hati.

Terlalu banyak gula dan sirup jagung fruktosa tinggi dari minuman manis itu diubah menjadi lemak oleh hati.

Lemak berlebih itu kemudian disimpan dalam sel hati, suatu kondisi yang disebut penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD) yang mempengaruhi 30 persen orang dewasa AS.

“Dari semua makanan bergula, minum soda manis adalah yang terburuk dalam hal merusak hati,” kata seorang dokter di Rumah Sakit Universitas Pennsylvania, Waqas Mahmood.

Rutin minum soda juga sangat terkait dengan kadar gula darah tinggi, obesitas, penyakit jantung, asam urat, demensia, masalah gigi, diabetes, bahkan kanker sesuai berbagai penelitian.

Faktanya, menurut American College of Gastroenterology, obesitas dan diabetes tipe-2 diperkirakan juga menjadi penyebab umum infiltrasi lemak pada hati pada sekitar dua per tiga orang dewasa, yang obesitas, dan setengah dari anak-anak obesitas.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here