Saturday, 20 April 2024
HomeNasional22 Wisatawan Berhasil Dievakuasi, Setelah Terjebak di Waduk Jatiluhur

22 Wisatawan Berhasil Dievakuasi, Setelah Terjebak di Waduk Jatiluhur

Bogordaily.net – Sebanyak 22 orang warga yang tengah berlibur terjebak di tengah Waduk , Kabupaten Purwakarta. Perahu yang ditumpangi tak bisa bergerak karena tertutup Eceng Gondok.

Mereka akhirnya berhasil dievakuasi oleh tim penyelamat yang terdiri dari berbagai unsur pada Senin (18 Oktober 2021) dini hari.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah menuturkan pihaknya menerima laporan dari pihak keluarga pada ahad (17 Oktober 2021) sekitar pukul 20.20 WIB.

Selanjutnya, tim penyelamat segera diterjunkan ke tempat kejadian untuk melakukan evakuasi, dikutip dari repjabar.

Tim SAR yang terlibat terdiri dari Kantor SAR Bandung, Polairud , Koramil , Dishub , Damkar Purwakarta. Serta KRI Purwakarta dan Nelayan .

“Korban sedang berlibur bersama keluarga ke waduk menggunakan perahu jukung, namun perahu terjebak di tengah waduk karena tertutup eceng gondok sehingga tidak bisa kembali ke daratan dan membutuhkan evakuasi,” ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (18 Oktober 2021).

Ia menuturkan, pihaknya langsung menerjunkan satu tim penyelamat dan berangkat ke Waduk pada pukul 20.35 Wib.

Peralatan yang disiapkan yaitu satu unit rescue carrier, satu truk personil, dia set palsar Alair, satu set peralatan alkom, dua set peralatan medis dan APD personal.

Ia melanjutkan, tim berhasil menuju lokasi kurang lebih sekitar pukul 23.00 Wib selanjutnya melakukan evakuasi. Sebanyak 22 orang tersebut berhasil dievakuasi sekitar pukul 00.15 Wib.

“Tim SAR gabungan mengevakuasi seluruh korban dalam keadaan selamat, selanjutnya setelah dilakukan pendataan, seluruh korban kembali ke rumah masing-masing,” ungkapnya.

Deden mengatakan ke 22 orang tersebut terdiri dari satu orang balita, anak-anak tiga orang, lansia 2 orang, perempuan dua orang dan laki-laki 14 orang.***

Tim SAR yang terlibat terdiri dari Kantor SAR Bandung, Polairud , Koramil , Dishub , Damkar Purwakarta. Serta KRI Purwakarta dan Nelayan Jatiluhur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here