Saturday, 20 April 2024
HomeEkonomiAsiik! Sebentar Lagi, Belanja di Malaysia Bisa Pakai Rupiah

Asiik! Sebentar Lagi, Belanja di Malaysia Bisa Pakai Rupiah

Bogordaily.net – Bank Indonesia (BI) mengungkapkan saat ini warga negara Indonesia (WNI) yang berencana untuk melancong atau berwisata di sudah bisa berbelanja menggunakan .

Sebentar lagi, jika jalan-jalan ke Malaysia dan menggunakan juga bisa dilakukan di Malaysia.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dalam OJK Virtual Innovation Day 2021, Selasa (12 Oktober 2021).

“Kerjasama Quick Response Code Indonesian Standard () pada 2021 ini kita telah bekerjasama dengan Bank of . Dan sebentar lagi dengan Malaysia dan negara lainnya,” jelas Perry, seperti dilansir dari cnbc.

Penggunaan rencananya mulai digunakan di pada Kuartal I-2022 mendatang. Saat ini, kedua negara tengah melakukan uji coba penggunaan .

Nantinya, akan bisa digunakan untuk transaksi keuangan yang terhubung dengan sejumlah bank yang sudah bekerja sama dalam program penggunaan mata uang lokal (Local Currency Settlement/LCS) atau disebut sebagai bank tertunjuk (Appointed Cross Currency Dealers/ACCD)

Bank-bank tersebut BCA, BNI, dan BRI untuk di Indonesia. Sementara di Thailand, ada Bangkok Bank (BBL), Bank of Ayudhya (Krungsri), dan CIMB Thai Bank (CIMBT).

Dengan layanan ini, pengguna dari Indonesia dapat lebih mudah melakukan transaksi jika sedang berada di Thailand.

Pengguna dari Indonesia dapat menggunakan aplikasi pembayaran melalui gawai untuk memindai QR Code yang tersedia di seluruh merchant di Thailand.

Demikian pula dengan pengguna dari Thailand yang dapat menggunakan aplikasi pembayaran QR Code di seluruh merchant di seluruh Indonesia.

Layanan ini juga tersedia untuk transaksi e-commerce antara Indonesia-Thailand dan sebaliknya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here