Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorCek! Ini Kegiatan Para Siswa-siswi SMK Ibnu Sina Bogor

Cek! Ini Kegiatan Para Siswa-siswi SMK Ibnu Sina Bogor

Bogordaily.net – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ibnu Sina Bogor, merupakan tempat menimba ilmu pengetahuan umum maupun khusus. Selain belajar mata pelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Para siswa dan siswi juga diberi kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

Sebagai sekolah Islam, para murid juga diarahkan supaya taat melaksanakan kegiatan keagamaan, seperti membiasakan diri melaksanakan Sholat. menjadi salah satu kegiatan rutin di sekolah yang dilakukan murid-murid .

Di sekolah Menengah Kejuaran Ibnu Sina, para murid memiliki jadwal tertentu untuk melaksanakan ekstrakulikuler yang mereka pilih.

Ini pengakuan sejumlah murid Kelas XII SMK Ibdu Sina Bogor mengungkapkan kegiatan yang diikutinya di sekolah.

Puti Andira Swari, Kelas : XII MM 2 SMK Ibnu Sina

Pada pukul 06:25 WIB gerbang sekolah SMK Ibnu Sina ditutup. Selanjutnya para murid yang sudah datang menggelar karpet di lapangan upacara. Bukan untuk melaksanakan pengibaran bendera, namun para murid hendak melaksanakan berjamaah.

Karpet pertama berada di depan diisi siswa laki-laki, sedangkan karpet kedua diletakkan di belakang diisi oleh siswi SMK Ibnu Sina.

Sambil menunggu shaf penuh, biasanya Kami membaca Juz Amma bersama-sama, biasanya surat yang dibaca ditentukan oleh pak Zakaria. Lalu, setelah selesai membacakan salah satu surat dalam Juz Amma, Kami pun melaksanakan berjamaah yang diimami olah pak Zakaria.

Biasanya, sehabis pak Zakaria, membaca doa khusus setelah yang dilanjutkan dengan ceramah kurang lebih selama tujuh menit.

Sehabis sholat, murid-murid tidak langsung meninggalkan lapangan menuju kelas masing-masing.

Ferdi Restu Ardhana, Kelas: Xll MM 1 SMK Ibnu Sina

Olahraga volly, mejadi kegiatan yang saya pilih dalam mengikuti ekstrakulikuler di SMK Ibnu Sina. Olah raga ini sangat menyenangkan jika dimainkan bersama teman-teman di sekolah.

Lapangan volly berada persis di depan ruang guru. Lokasi lapangan yang berada di tengah areal sekolah Ibnu Sina, memudahkan siswa-siswi jika ingin menuju lapangan volly. Dari ruang kelas mana aja, ada jalan untuk menuju lapangan.

Saya mendapat pelatihan bermain bola volly di sekolah, dari seorang guru olahraga bernama bapak Zakaria. Selain mengajar olahraga, bapak Zakaria juga mengajar mata pelajaran Agama dan PPKN.

Dari beliaulah saya mengetaui sejumlah teknik dalam bermain bola volly, sebut saja seperti teknik gerakan pasing atas, pasing bawah, service, bloking serta smash.

Kegiatan ekstrakulikuler volly dilaksanakan setiap hari Rabu dan Sabtu, pada pukul 15:00 WIB hingga 17:00WIB.

Tidak hanya teman-teman satu sekolah, namun terkadang kaka yang berkuliah di Ibnu Sina, juga suka ikut serta bermain volly dengan Kami. Mengetahui aktifitas latihan yang rutin dilakukan, banyak teman dari luar ingin mengajak bertanding dengan siswa .

Cahya Lutfia Miranti, Kelas : XII MM 1 SMK Ibnu Sina

Setiap Senin, sepulang sekolah para murid SMK Ibnu Sina melaksanakan kegiatan wajib mingguan berupa Rohani Islam biasa disingkat Rohis.

Rohis yaitu kegiatan menghafal doa-doa, kemudian menyalin Kitab Safinah yang di dalamnya berisi pondasi tentang Fiqih. Setelah disalin lalu dihapalkan selanjutnya melafalkan hafalan doa di hadapan guru agama.

Kegiatan Rohis ini sangat bermanfaat, karena Kami mendapat pelajaran mengenai ilmu membaca dan menulis Qur'an. Kegiatan ini, menjadi ajang interaksi antar siswi satu kelas atau dengan kaka kelas.

Biasanya sehabis ulangan akhir semester, diadakan evaluasi kegiatan Rohis. Kita akan diberikan lembar pertanyaan yang isinya menyangkut materi pelajaran pada saat mengikuti Rohis.

Akbar Pahruzi, Kelas Xll MM 1, SMK Ibnu Sina

Berbeda dengan siswa lain yang lebih memilih olahraga, Saya memilih musik pada kegiatan ektrakulikuler di sekolah.

Fasilitas yang disiapkan sekolah untuk bermain musik meliputi gitar elektrik, gitar bas serta drum.

Intrumen itu disimpan di ruangan kantor para guru. Tentu saja kegitan itu dilakukan setelah aktifitas para guru di ruangan selesai.

Pada ekstekulikuler musik, para murid mendapatkan pelatihan dari seorang guru bernama Ade Siti. Dari beliaulah saya mengenal sejumlah chord-chord dalam bermain gitar.

Saat ini posisi pemain disisi oleh Arya pada bass dan Yudha pada drum. Terakhir kami berlatih bersama memainkan lagu berjudul Penantian milik band Armada.

Kegiatan ini untuk menyalurkan minat dan bakat bermusik. Alhamdulillah, pihak sekolah memfasilitasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here