Friday, 26 April 2024
HomeBeritaGus Aam: Merindukan NU yang Ikhlas dan Tulus Berkhidmat untuk Umat

Gus Aam: Merindukan NU yang Ikhlas dan Tulus Berkhidmat untuk Umat

Bogordaily.net – KH. Agus Solachul Aam Wahib Wahab, Ketum Khithah 1926 mengatakan sedih sekaligus prihatin, mendengar kabar adanya oknum

Caketum PBNU yang diduga mendapat dana besar dari Israel untuk dipergunakan membiayai pencalonan dirinya.

“Ada pula dugaan oknum yang didukung oleh para pengusaha yang katanya disebut 9 Naga dan konglomerat China untuk membiayai pencalonannya,” lanjut Gus Aam.

Hal itu sebagaimana diungkap oleh Pengasuh Pondok Pesantren Ribath Al-Murtadla Al-Islami, Singosari, Malang KH Luthfi Bashori dalam artikel berjudul “Apa Benar di Muktamar Ada Risywah?”

Terlepas hal ini baru dugaan, namun bau ‘amis' tentang adanya permainan uang dalam penyelenggaraan Muktamar, sudah tercium sejak pada penyelenggaraan Muktamar yang dulu menempatkan KH SAS sebagai Ketum PBNU.

“Tanpa turut membenarkan atau menegasikan kabar tersebut, rasanya saya sebagai dzuriyat Muassis sangat terpukul sekaligus terpanggil untuk ikut membenahi . Saat saya, Gus Wachid Muin, Gus Rozak, dan KH Hasib Wahab, almarhum KH Solahudin Wahid  (Gus Solah), dan sejumlah Kiai 3 tahun lalu mendirikan Komite Khittah Nahdlatul Ulama 1926/KKNU 1926 atau yang lebih dikenal dengan istilah Khittah 1926, salah satu alasannya adalah keprihatinan tentang kondisi kekinian ditubuh ,” ujar Gus Aam.

Pada beberapa waktu yang lalu, Gus Aam telah menulis kriteria yang semestinya dimiliki oleh Calon Ketum PBNU.

Namun, sepertinya soal keikhlasan dalam mengelola Jam'iyyah, semata mencari ridlo Allah SWT, perlu dan penting diulang-ulang dan ditegaskan kembali.

Perlu diketahui, menjadi Ketum PBNU berarti menjadi ketua Jam'iyah yang hanya berorientasi pada ridlo Allah SWT dan memiliki himmah untuk berkhidmat kepada .

bukanlah perseroan yang sejak didirikan memang bertujuan mencari profit, berorientasi pada materi.

Maka semua calon Ketum PBNU harus terus menghayati sebagai jam'iyah dakwah, organisasi perjuangan yang tidak sedikitpun memikirkan keuntungan materi.

Baik keuntungan untuk dirinya atau kelompoknya. Sekali lagi, adalah Jam'iyyah dakwah.

Menarik dalam kerja-kerja profit oriented atau menariknya ke area politik praktis dengan menghalalkan segala cara demi mencapai tujuan harta dan tahta, adalah sebuah pengkhianatan terhadap Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy'ari.

Sebagai dzuriyat pendiri NU, saya merasa berkewajiban, bertanggungjawab, bahkan berhak mengingatkan siapapun agar tidak menjadikan NU sebagai jam'iyah untuk mencari dan mengumpulkan harta dunia.

“Para Caketum PBNU harus kembali menginsyafi, dirinya hanyalah melanjutkan perjuangan NU, bukan pendiri NU yang bebas menentukan arah dan corak orientasi NU. Mereka, harus kembali merujuk khittoh yang ditetapkan pendiri NU agar tidak keluar dari rel perjuangan NU,” kata Gus Aam mengingatkan.

“Bekerja dan berjuang bukan karena kedudukan, Pengaruh ataupun kekayaan, Tidak pula karena mengharap pujian dan sanjungan, melainkan semua itu dilakukanya demi kepentingan Agama dan Masyarakat.”

Kata-kata Hadratus Syekh KH Muhammad Hasyim Asy'ari diatas, harus diresapi dan mengkristal dalam setiap sanubari Caketum PBNU dan seluruh anggota Jam'iyyah.

Tidak boleh ada -meski hanya sebiji gandum- onggokan dunia dalam dada-dada jam'iyah NU.

“Terakhir, saya berharap isu adanya pendana bahkan donatur dari Israel untuk caketum PBNU tidak benar. Karena itu jelas-jelas mengkhianati perjuangan dari Hadratus Syekh KH Hasyim Asy'ari,” ungkap Gus Aam. .

Karena itu, penting bagi seluruh kader NU untuk turut mengontrol jalannya muktamar dengan tanpa kenal lelah.

Terus menghadirkan spirit keikhlasan dalam perjuangan serta hanya mengharap ridlo Allah SWT, sebagai pemandu sekaligus penjamin  bersihnya perjuangan yang diemban NU.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here