Saturday, 20 April 2024
HomeViralHeboh! Penangkapan Habib Palsu, Ditanya Ilmu Agama Tak Bisa Jawab

Heboh! Penangkapan Habib Palsu, Ditanya Ilmu Agama Tak Bisa Jawab

Bogordaily.net – Penangkapan palsu di Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan (Kalsel) jadi viral di media sosial.

Menyamar sebagai Muhammad Zainuddin Assegaf, ia pun diamankan pihak polisi Polsek Alabio, Minggu (24 Oktober 2021).

Seperti dikutip umma dari Tribun News, pria pemilik nama asli Ubbay Dillah Ayyubi itu ditangkap di rumahnya yang berada Desa Rantau Karau Hulu, Kecamatan Sungai Pandan, Hulu Sungai Utara.

Setelah beberapa bulan belakangan mengisi ceramah bertentangan dengan Alquran dan hadis di daerah setempat.

Dalam video yang beredar di media sosial, Ubbay yang mengenakan gamis panjang berwarna putih itu disoraki puluhan warga saat ditangkap untuk kemudian dibawa ke Polsek Alabio.

Dalam Unggahan pemilik video @andreli48 menuliskan caption “ p*lsu di tangkap. Berikut video detik detik penangkapan, Seorang warga Desa Rantau Karau Hulu RT 004 Sungai Pandan Hulu Sungai Utara, Ubbay Dillah Ayyubi membuat surat pernyataan, bahwa dirinya bukan , Minggu (24 Oktober 2021).”

“Pria kelahiran Bondowoso 10 Maret 1988 itu pada Forum Komunikasi (Silaturahmi dan Tabayyun) antara Kecamatan, MUI, Polsek Koramil dan Rabithul Alawiyah itu berjanji tidak akan mengulanginya kembali,” tulisnya.

palsu tersebut diketahui sempat mengisi acara ceramah dengan mengenakan gamis panjang, sorban, serta selempang berwarna merah maroon, seperti seorang .

Dalam video tampak pria yang diduga palsu tersebut mengenakan gamis putih digelandang ke dalam mobil oleh tekab berpakaian preman dan para warga.

Terlihat warga sekitar mulai meneriaki pria tersebut. Di video selanjutnya tampak pria tersebut disebut seorang pria sebagai palsu.

Identitas Ubbay mulai terungkap ketika ditanyai oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Hulu Sungai Utara dan tokoh agama Alabio serta para .

Saat ditanyai mengenai ilmu agama dan surah-surah, serta ayat suci Alquran, Ubbay tidak bisa menjawabnya.

Tak hanya itu, isi ceramah yang disampaikannya selama ini juga bertentangan dengan isi Alquran dan hadis.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata Ubbay juga tidak bisa membuktikan bahwa ia keturunan dari Rasulullah SAW atau sayyid/.

Diketahui bahwa Ubbay juga tidak terdaftar dalam rabithah atau pun tidak punya buku nasab.

Usai diamankan, pria kelahiran Bondowoso 10 Maret 1988 itu menuliskan surat pernyataan yang mengakui perbuatannya sebagai palsu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here