Saturday, 2 March 2024
HomeKota BogorJOTA dan JOTI di Kota Bogor, Hubungkan Pramuka ke Luar Daerah Hingga...

JOTA dan JOTI di Kota Bogor, Hubungkan Pramuka ke Luar Daerah Hingga Mancanegara

Bogordaily.net – Jamboree On The Air () Nasional ke-84 dan Jamboree On Internet () Nasional ke-42 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor secara resmi ditutup di Sekretariat Kota Bogor, Minggu 17 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut merupakan hasil dari kerja sama antara Kwarcab Pramuka Kota Bogor dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia () yang berlangsung 15-17 Oktober 2021 secara hybrid, baik luring maupun daring.

Berbagai kegiatan sukses dilaksanakan, seperti membahas sejarah dan JOTI. , para peserta diperkenalkan menggunakan radio amatir.

Sementara untuk kegiatan JOTI, mereka berkomunikasi menggunakan Internet dengan anggota pramuka atau pandu di belahan dunia hingga pelatihan menulis yang dihadiri oleh siswa-siswi dari Pramuka Penggalang dan Penegak se-Kota Bogor.

Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Bogor, M. Nurnawaly Amin Wasil menuturkan, hari ini merupakan hari terakhir dan JOTI di Kota Bogor. Untuk dilaksanakan di Sekretariat . JOTI di Sekretariat Kwarcab.

“Dalam kegiatan JOTI di hari terakhir selain berkomunikasi dengan pramuka di berbagai daerah, mereka (peserta) juga berkesempatan berkomunikasi dengan pramuka dari negara Jepang. Kemudian diisi materi teori dan praktek membuat berita yang diberikan oleh Andalan Kominfo , Kak Tubagus Guritno,” katanya.

Kepala Pusat Informasi Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka itu kata Kak Waly sapaannya, menjelaskan bagaimana cara merangkai suatu pemberitaan dalam bentuk berita atau press rilis yang bisa di tayangan di medsos dan media lainnya.

“Jambore hari ini secara luring diikuti 60 peserta dari Kwaran Bogor Utara dan Bogor Barat. Pesertanya semua Kwaran di Kota Bogor selama tiga hari sistem rotasi dengan menerapkan prokes,” jelasnya.

Selain itu dalam praktek JOTI, para peserta berkomunikasi dengan anggota pramuka dari berbagai daerah, seperti Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten. Bahkan, berkomunikasi dengan peserta dari luar negeri seperti Belgia, Denmark, India dan Rusia. Untuk Asia dengan Malaysia dan Filipina,” sebutnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here