Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaKali Ini Turki, Jadikan Soekarno Sebagai Nama Jalan

Kali Ini Turki, Jadikan Soekarno Sebagai Nama Jalan

Bogordaily.net – Nama Presiden pertama Republik Indonesia (RI) yang juga dikenal sebagai Bapak Proklamator, Ir tak hanya terkenal di Indonesia.

Bahkan nama tersebut diabadikan sebagai nama jalan oleh negara lain di dunia.

Jika pada tahun lalu nama dijadikan nama jalan di di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, kali ini di .

Hal ini tentunya menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan pemerintah meresmikan nama Ahmed sebagai nama jalan di depan kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara.

“Pemerintah menganugerahkan nama jalan di depan kantor KBRI Ankara dengan nama Jalan Ahmed ,” ujar Retno dalam konferensi pers, dikutip dari umma, Rabu (13 Oktober 2021).

Selain di dua negara tersebut, nama juga telah dijadikan nama jalan di beberapa negara.

Sebelumnya, terdapat Avenue di Rabat, Maroko; jalan Ahmed Sokarno di Kairo, Mesir; dan Soekarno Road di Peshawar, Pakistan.

Selain Soekarno, nama Wakil Presiden pertama RI Mohammad Hatta juga dijadikan nama jalan di luar negeri. Salah satu jalan di Harleem, Belanda, dinamakan Mohammad Hattastraat.

Nama RA Kartini pun digunakan sebagai nama jalan di Belanda. Bahkan, terdapat empat jalan dengan nama Kartini di negara tersebut.

Di antaranya, Raden Adjeng Kartinistraat di Amsterdam; Kartinistraaat di Haarlem; serta jalan Kartini di Utrecht dan Venlo.

Dari ranah Minang, nama tokoh sejarah asal Padang Panjang, Sutan Sjahrir, juga diabadikan sebagai nama jalan di luar negeri.

Yakni jalan Sjahrirstraat di Leiden, Belanda. Kemudian, Sjarirsingel di Gouda dan Sutan Sjarirstraat di Haarlem.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here