Monday, 17 June 2024
HomeTravellingKaya Sejarah dan Budaya, Situs Warisan Dunia Ada di Indonesia

Kaya Sejarah dan Budaya, Situs Warisan Dunia Ada di Indonesia

Bogordaily.net – Indonesia memiliki berbagai macam destinasi wisata menarik, bersejarah, hingga termasuk ke dalam situs warisan .

Sehingga destinasi wisata Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Situs warisan yang menjadi destinasi wisata ini bisa ditemukan, hampir di seluruh penjuru Indonesia.

Bahkan juga tak lepas dari sejarah panjang yang berhubungan dengan Nusantara.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini situs warisan di Indonesia yang menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

<• Candi Borobudur

Candi Borobudur (Candhi Barabudhur) merupakan salah satu situs warisan yang keberadaannya diakui oleh UNESCO dan menjadi bagian dari tujuh keajaiban .

Berlokasi di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Letaknya kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Candi satu ini berbentuk stupa, didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di . Sudah pasti sangat terkenal, baik di Indonesia ataupun mancanegara.

<• Situs Manusia Purba Sangiran

Situs Sangiran adalah salah satu situs manusia purba yang ada di Indonesia. Situs Sangiran terletak di dua wilayah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Yaitu Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar, dengan luas 59,21 kilometer persegi.

Warisan

Situs ini dikelola Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, salah satu unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Museum Sangiran yang terletak di kawasan Situs Sangiran dibagi menjadi lima klaster.

Klaster pertama adalah Klaster Krikilan yang berfungsi sebagai pusat kunjungan atau visitor center, yang memberikan informasi secara lengkap tentang Situs Sangiran.

Kemudian ada Klaster Dayu, Klaster Bukuran, Klaster Ngebung, dan Museum Manyarejo.

Menurut laporan UNESCO (1995), Sangiran diakui oleh para ilmuwan untuk menjadi salah satu situs yang paling penting di untuk mempelajari fosil manusia.

Disejajarkan bersama situs Zhoukoudian (Cina), Willandra Lakes (Australia), Olduvai Gorge (Tanzania), dan Sterkfontein (Afrika Selatan), dan lebih baik dalam penemuan daripada yang lain.

<• Pulau Komodo

Balai Taman Nasional Komodo berada di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Taman nasional Komodo memiliki tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Di kepulauan ini ditinggali oleh kadal besar yang termasuk hewan purba hingga kini masih hidup dan sangat beruntungnya ditemukan di Indonesia.

UNESCO pun mengakui Pulau Komodo ini menjadi bagian dari situs warisan . Hal ini dikarenakan bagian dari taman tertua di .

Bukan hanya bisa melihat komodo, pemandangan di sekitarnya pun tak kalah menarik.

Nuansanya indah, pemandangan perbukitan dan lautan menjadikan Balai Taman Nasional Komodo pantas dijadikan bagian dari warisan yang ada di Indonesia.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here