Thursday, 28 March 2024
HomeTravellingLuwihaja Hill Nikmati Sensasi Camping Keluarga di Ketinggian 1.200 DPL

Luwihaja Hill Nikmati Sensasi Camping Keluarga di Ketinggian 1.200 DPL

Bogordaily.net – Lebih dari 150 peserta dari berbagai kota hadir mengikuti kegiatan Summer Camping Vol. ll di , Desa Paseban, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Di atas ketinggian 1.200 DPL, para peserta menikmati bersih dan sejuknya udara pegunungan yang dipenuhi pohon Kopi.

Pada kesempatan itu pihak penyelenggara Pena khatulistiwa Nusantara, menyajikan bergam pertunjukan seperti musik, teater, stand up comedy serta penayangan film dokumenter dan tentu saja api unggun, yang membuat peserta larut dalam suasana gembira penuh keakraban. Tentu saja pelaksanaan kegiatan dengan menerapkan prokes ketat.

Meski sempat diguyur hujan serta terkendala ganguan teknis, namun tidak menyurutkan antusiasme para peserta yang datang dari berbagai kota. Memiliki segudang pengalaman mengorganisir pelaksanaan fun camping, pihak panita dengan cekatan dapat segera mengantisipasi kendala teknis yang terjadi. Dinginnya malam, dapat dilaui dengan suasana hati yang penuh kehangatan.

Foto: dok

Fajar menyingsing, para perserta mulai membuka mata serta menggeliatkan badan, bangkit dan keluar tenda, menuju pancuran untuk membasuh muka dan berwudhu selanjutnya melaksanakan salat Subuh. Dinginnya aliran air pengunungan yang berasal dari mata air pegunungan di pagi buta, membawa sensasi tersendiri bagi mereka yang tinggal di kota.

Dipagi hari, para peserta yang sebagian besar datang bersama keluarga, mulai menjelajahi areal perkebunan Kopi. Dengan riang, mereka menyusuri jalan setapak bebatuan menyongsong terbitnya fajar. Cahaya mentari pagi berangsur-angsur mengusir gelapnya malam dan membawa kehagatan.

Puas berswa foto di kebun Kopi yang ada di areal perkemahan seluas tiga hektar, para pengunjung menuruni bukit untuk menuju lokasi yang dilintasi anak sungai yang mengalir membelah bukit.

Foto: dok .

Tiba di tepi anak sungai, mereka disambut menu sarapan pagi. Para pengunjung tampak lahap menyantap hidangan yang telah disiapkan. Usai mengisi perut, tanpa dikomando, para pengunjung merangsek menghampiri tepi anak sungai, dalam sekejap mereka larut menyibukan diri, menikmati bening serta dinginnya air dari aliran anak sungai yang berasal dari atas bukit bebatuan.

Pada kesempatan itu hadir pihak pengelola Haryanto. Sambil mengamati peserta yang tengah asik menyusuri bebatuan yang ada di anak sungai, sesekali terlihat ia meladeni sejumlah peserta yang ingin berfoto bersama.

“Areal ini milik Perhutani, sudah hampir dua tahun kami kelola sebagai Hutan Wisata,” papar Haryanto, kepada bogordaily.net, Minggu 3 Oktober 2021.

Ia menjelaskan, luas lahan kawasan mencapai 10 hektare, konturnya bebukitan dan ditumbuhi tanaman kopi serta pinus. sudah hadir sejak 7 tahun lalu sebagai kawasan Hutan Wisata.

Pengelola Haryanto (kiri) bersama penyelenggara Pena Katulistiwwa Nusantara Adnan, dikawasan Leuwihaja Hill, Desa Paseban Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu 2021. (Foto: Irvan/bopgordaily.net)

“Baru dibuka untuk area camping pada September 2020. Areal yang digunakan seluas 5 hektare,” papar Haryanto.

Kawasan buka setiap hari mulai pukul 09:00 WIB, hingga pukul 23:00 WIB. Pengelola mematok harga tiket masuk bagi pegunjung sebesar Rp15.000 per orang sedangkan untuk tiket parkir kendaraan sebesar Rp5.000.

Harga tiket masuk tersebut tidak termasuk dengan wahana-wahana yang ada, pengunjung akan dikenakan biaya lain jika ingin menikmati wahana yang ada. Biaya cukup bervasiasi dari Rp50.000 hingga Rp300.000.

mengusung konsep Education and Adventure, dilengkapi dengan berbagai wahana seperti wahana wisata air terjun, wahana permainan, wahana joging track, spot foto yang instagramable dan agrowisata tanaman kopi yang luas.

ini sebagai hutan wisata untuk masyarakat, namun sekarang belum begitu ramai karena lokasinya yang jauh dari perkotaan,” pungkas Haryanto.***

 

(Irvan/Diki Sudrajat)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here