Wednesday, 24 April 2024
HomeEkonomiMendag: Ekonomi Digital Sumber Pertumbuhan Indonesia di Masa Depan

Mendag: Ekonomi Digital Sumber Pertumbuhan Indonesia di Masa Depan

Bogordaily.net – Menteri Perdagangan () Muhammad Lutfi menilai ekonomi digital adalah sumber pertumbuhan ekonomi di di masa mendatang.

Menteri Lutfi memprediksikan, pertumbuhan ekonomi digital akan meningkat tumbuh setidaknya satu setengah kali lipat dari 15 ribu atau 8 kali lipat terhadap Gross domestic product (GDP).

“Salah satu sumber pertumbuhan ekonomi dan bahkan dunia di masa yang akan datang adalah ekonomi digital,” kata dalam webinar Virtual, dilansir dari okezone, Selasa (12 Oktober 2021).

Menurutnya, hal tersebut tentu tidak hanya sebatas e-commerce saja akan tetapi mencakup kegiatan ekonomi yang lebih luas.

“Tak hanya e-commerce saja seperti finansial travel, education, health dan lainnya saat ini menjadi negara dengan populasi terbesar ke 4 di dunia dengan lebih 197 Juta orang yang memiliki akses terhadap internet,” ujarnya.

Menurut Lutfi angka tersebut bahkan diproyeksikan bertambah menjadi 250 juta orang pada tahun 2050 dan potensi ekonomi digital sangat besar.

“Itu akan terus meningkat dan potensi ekonomi digital ini akan tumbuh jauh lebih besar melebihi dari negara negara lain di negara ASEAN,” paparnya.

Dalam kesemptannya, Lutfi memaparkan pada 2020 lalu pertumbuhan ekonomi digital baru berkontribusi 4% terhadap Gross domestic product (GDP).

pada tahun itu hanya berkontribusi 4 persen terhadap GDP namun di tahun 2030 GDP di diperkirakan akan meningkat tumbuh setidaknya satu setengah kali lipat dari 15 ribu 400 triliun menjadi 24 triliun Ekonomi digital di Indonesia, Juga diyakini akan tumbuh setidanya delapan kali lipat,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here