Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalMenerima Banyak Keluhan, Wakil Ketua DPR Minta Polri Tindak Tegas Asuransi Unit...

Menerima Banyak Keluhan, Wakil Ketua DPR Minta Polri Tindak Tegas Asuransi Unit Link

Bogordaily.net Sufmi Dasco Ahmad meminta menindak tegas unit link karena sudah banyak aduan dan juga keluhan dari masyarakat yang disampaikan kepada dirinya.

“Pihak kepolisian perlu mendalami persoalan tersebut karena adanya pihak-pihak yang merasa dirugikan, dan bila perlu mengambil tindakan tegas untuk membantu masyarakat agar dana nasabah tersebut dapat dikembalikan, sebagaimana mestinya,” kata Dasco, di Jakarta, mengutip republika, Kamis (21 Oktober 2021).

Dasco mengaku banyak keluhan dan aduan dari masyarakat terkait dengan masih maraknya kasus kerugian investasi nasabah yang terhubung dengan produk atau unit link.

Menurutnya, dalam persoalan tersebut, nasabah tidak bisa disalahkan 100 persen dan perusahaan juga tidak bisa dibenarkan 100 persen.

“Karena dalam praktiknya penyampaian produk unit link oleh agen marketing hanya terfokus pada penyampaian ilustrasi hasil investasi yang menggiurkan, sehingga tidak sedikit nasabah yang merasa terkelabui,” ujar tersebut.

Dasco menjelaskan bahwa persoalan yang sering muncul adalah para agen asuransi yang menawarkan produk unit link tersebut seringkali hanya menggunakan ilustrasi dengan asumsi hasil investasi yang tinggi.

Dia mengatakan, saat ditawarkan oleh agen marketing, yang ditekankan adalah ilustrasi keuntungan dari investasi.

Lalu tanda tangan ilustrasi dan membayar, kemudian baru polis asuransi datang.

“Polis itu selain tulisannya kecil-kecil dan dokumennya banyak, jadi tidak di baca lagi, karena ilustrasinya sudah dijelaskan dan juga sudah ditandatangani,” katanya lagi.

Namun, menurut Dasco, belakangan diketahui bahwa yang dianggap asuransi hari tua atau asuransi kesehatan, ternyata bukan asuransi, tetapi diinvestasikan.

Dia menilai maraknya produk asuransi unit link yang dikeluhkan masyarakat harus menjadi catatan serius bagi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dasco meminta OJK segera membuat aturan teknis yang lebih komprehensif dan ketat terkait dengan hal tersebut.

Dasco menilai perkembangan unit link saat ini luar biasa, sehingga diperlukan adanya regulasi teknis yang mengatur secara lebih komprehensif dan ketat.

Hal ini untuk menjamin kepastian hukum dan kepentingan bersama, seperti perusahaan asuransi maupun nasabah atau pemegang polis.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here