Sunday, 19 May 2024
HomeKota BogorMeski Banyak Ditentang, Mitra Pengelola Kebun Raya Bogor Ngotot Pertunjukan Glow Tetap...

Meski Banyak Ditentang, Mitra Pengelola Kebun Raya Bogor Ngotot Pertunjukan Glow Tetap Berlangsung

Bogordaily.net – Meski ditolak berbagai pihak, mitra pengelola Kebun Raya Bogor bersikukuh menggelar yang menggunakan lampu sorot serta musik di Kebun Raya Bogor. Menurutnya, sebelum pertunjukan telah dilakukan kajian-kajian serta penelitian dan riset yang mendalam terhadap flora di Kebun Raya Bogor.

Pimpinan Mitra Pengelola Michael Bayu A. Sumarijanto mengatakan area yang di gunakan Glow hanya 10 persen atau setara 8,7 hektar dari luas Kebun Raya Bogor yang mencapai 87 hektar. Lokasi pertunjukan tidak jauh dari jalan yang berada di lingkungan Kebun Raya Bogor, hal itu dimaksudkan untuk tetap menjaga kelestarian serta keamanan.

“Dengan hadirnya eduwisata ini, masyarakat lebih peduli kepada Kebun Raya yang merupakan benteng terakhir konservasi flora” Kata Pimpinan Mitra Pengelola Michael Bayu A. Sumarijanto Kamis 30 September 2021, malam.

Selain itu Michael juga menjelaskan bahwa Glow ini sama sekali tidak menghilangkan marwah dari Kebun Raya Bogor sendiri, justru dengan adanya program eduwisata ini, masyarakat jadi lebih peduli terhadap keberlangsungan flora dan mengetahui spesies-spesies flora itu sendiri.

“Glow ini justru edukasi kepada masyarakat, dengam mereka berwisata sekaligus belajar jadi pengetahuan dan rasa kepedulian terhadap kebun raya bogor semakin tinggi” Tambahnya

Selain itu harapan kedepannya dari eduwisata Glow ini, Michael ingin bersama-sama masyarakat khususnya Bogor tetap menjaga rumah bagi ribuan spesies tumbuhan di Kebun Raya Bogor agar tidak mengalami kepunahan dan tetap lestari.

“Mari bersama menjaga kelestarian flora di kebun raya ini dari kepunahan untuk penerus kita di masa depan” Pungkasnya.

Diketahu sebelumnya sejumlah pihak melontarkan keberatannya terhadap rencana pertunjukan wisata malam di dalam area Kebun Raya.

Keberatan itu disebabkan penggunaan lampu sorot ber watt besar, dengan pengeras suara akan menggangu kehidupan hewan-hewan nocturnal atau hewan yang terjaga malam hari.

Selain itu jika tetap berlangsung, ada kemungkinan penetapan Kebun Raya Bogor sebagai Warisan Dunia, bisa dibatalkan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here