Friday, 26 April 2024
HomeEkonomiOJK: Tujuh Unicorn dan Dua Decacorn yang Telah Merambah ASEAN

OJK: Tujuh Unicorn dan Dua Decacorn yang Telah Merambah ASEAN

Bogordaily.net – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan () berkomitmen memfasilitasi tumbuhnya iklim digitalisasi yang sehat dan kondusif.

Ketua Dewan Komisioner , Wimboh Santoso mengatakan hingga saat ini telah terdapat lebih dari 2.100 startup di Indonesia.

“Sampai dengan September 2021 terdapat dan 2 yang telah ke pasar ,” katanya dalam Virtual Innovation Day 2021, dikutip dari republika, Senin (11 Oktober 2021).

Wimboh mengatakan tumbuhnya inovasi ini tidak terlepas dari implementasi kebijakan akomodatif dan antisipatif melalui penerapan prinsip.

Peran di sektor keuangan sangat penting dan strategis untuk mendukung pengembangan inovasi dalam satu ekosistem keuangan digital secara terintegrasi.

Lembaga jasa keuangan di Indonesia didorong untuk terus relevan dan responsif dengan perkembangan teknologi.

Sehingga mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat dalam mendukung inklusi keuangan maupun menciptakan stabilitas sektor keuangan.

“Kerja sama bilateral dengan sejumlah Otoritas Lembaga Jasa Keuangan di berbagai negara juga terus kami perkuat, terutama di industri fintech,” katanya.

Di antaranya dengan Monetary Authority of Singapore (MAS), Securities Commission (SC) Malaysia, dan Banko Sentral Ng Pilipinas (BSP).

Kerja sama ini merupakan bentuk mekanisme koordinasi antarnegara dalam aspek perizinan dan pengawasan.

Dukungan oleh Lembaga multilateral seperti World Bank dan Asian Development Bank juga telah dilakukan untuk pengembangan kebijakan di bidang keuangan digital di Indonesia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here