Friday, 29 March 2024
HomeNasionalPenerapan PPKM Level Satu Diuji Coba di Blitar

Penerapan PPKM Level Satu Diuji Coba di Blitar

Bogordaily.net – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, pemerintah akan melakukan uji coba pemberlakukan level satu (New Normal) di Kota Blitar.

Luhut mengatakan implementasi uji coba level satu ini diberlakukan karena kota ini telah memenuhi syarat indikator WHO dan target capaian vaksinasi dosis satu sebesar 70 persen dan dosis satu lansia sebesar 60 persen.

Level satu ini akan mendekati aktivitas kehidupan masyarakat yang normal,” ujar Luhut saat konferensi pers terkait melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, dilansir dari Republika, Senin (4 Oktober 2021).

level satu ini akan dibarengi dengan peningkatan surveillance, testing dan tracing, serta peningkatan disiplin protokol kesehatan.

Luhut mengatakan, pemerintah juga telah membentuk task force yang terdiri dari para pakar dan ahli di bidangnya untuk memonitor level satu di Blitar.

“Kalau ini nanti berhasil, kita akan kembangkan ke kota-kota yang dapat masuk kepada level satu,” katanya.

Luhut menegaskan bahwa pemerintah akan melakukan pengawasan secara ketat dengan memonitor seluruh kegiatan dan aktivitas masyarakat di Kota Blitar agar dapat segera merespon jika terjadi keadaan darurat.

Uji coba PPKM level satu ini dilakukan seiring dengan perbaikan kondisi pandemi Covid-19 yang menunjukan tren penurunan dalam beberapa pekan terakhir ini.

Namun demikian, Luhut mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap risiko peningkatan kasus yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

“Pemerintah hari ini sama sekali tidak berjumawa dan terus memohon kepada masyarakat agar sekali lagi tidak euforia yang berlebihan yang pada akhirnya mengabaikan segala macam bentuk prokes yang ada,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here