Tuesday, 16 April 2024
HomeBeritaTerungkap, Konsumsi Lima Porsi Sayuran dan Buah Setiap Hari Turunkan Risiko Kanker

Terungkap, Konsumsi Lima Porsi Sayuran dan Buah Setiap Hari Turunkan Risiko Kanker

Bogordaily.net – Sebuah penelitian mengungkap bahwa risiko penyakit kanker ternyata bisa diturunkan dengan mengonsumsi lima porsi dan setiap hari.

Rinciannya, tiga porsi dan dua porsi buah. Lalu gangguan kesehatan lainnya juga dapat dicegah, di antaranya penyakit kardiovaskular dan pernapasan.

Sebagaimana dilansir laman Insider, penelitian ini dilakukan para ilmuwan dari Brigham and Women's Hospital serta Harvard Medical School.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian ini yakni tidak semua buah dan sayur memberikan khasiat yang sama.

Para ilmuwan melihat kumpulan data yaitu penelitian dengan lebih dari 100.000 orang dan yang lainnya termasuk 26 penelitian yang melibatkan hampir 2 juta orang.

Mereka menemukan berdaun hijau seperti kangkung, buah jeruk, beri memiliki lebih banyak manfaat kesehatan dibandingkan bertepung.

Sementara kacang polong, jagung, jus buah, dan kentang tidak menurunkan risiko kematian akibat penyakit. Kacang polong serta jagung bisa kehilangan nilai gizinya, misalnya bila diproses secara pengalengan.

“Mungkin ingin mempertimbangkan memetik buah dan yang lebih sehat,” ucap dr Dong Wang dari Fakultas Kedokteran Harvard Medical School serta Brigham and Women's Hospital, seperti dikutip dari Antara.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menjelaskan bahwa terlepas dari manfaat kesehatan yang didapat dengan makan buah dan .

Hanya satu dari 10 orang dewasa yang makan jumlah porsi sesuai rekomendasi.

Itu sebabnya, pakar kardiologi di NYU Langone Health dr Sean Heffron mengatakan konsumsi dalam jumlah porsi optimal tidak sepenting makan lebih banyak buah dan pada umumnya.

“Kebanyakan orang tidak makan hampir lima porsi buah dan sehari,” jelasnya.

Ia yang merekomendasikan orang-orang makan banyak hijau cerah dan beragam buah-buahan setiap hari.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here