Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaUntuk Capai Target Vaksinasi, TNI Kerahkan 322 Vaksinator ke Wilayah Aglomerasi

Untuk Capai Target Vaksinasi, TNI Kerahkan 322 Vaksinator ke Wilayah Aglomerasi

Bogordaily.net – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali mengerahkan 200 tenaga kesehatan (nakes) vaksinator ke aglomerasi Kabupaten Bogor untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan nasional Covid-19.

Pemberangkatan nakes itu dipimpin oleh Kadiskesal Laksma TNI dr Agus Guntoro di Lapangan Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (21 Oktober 2021).

Sejumlah 200 nakes yang ditugaskan ke aglomerasi Kabupaten Bogor merupakan personel kesehatan TNI AL dari berbagai satuan.

Di antaranya, Satuan Diskes Koarmada I, Diskes Kormar, Diskes Kolinlamil, Diskes Lantamal III, Rumkital dr Mintohardjo. Kemudian, Rumkital Marinir Cilandak, Ladogi RE Martadinata, Satkes Denma Mabesal, Satkes Seskoal, dan Diskes Pushidrosal.

Para vaksinator TNI itu akan bertugas selama dua pekan di Kabupaten Bogor. Adapun jenis vaksin yang digunakan, yaitu Vaksin Sinovac dan AstraZeneca, baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Kadiskesal Laksma TNI dr Agus Guntoro menyampaikan, nakes vaksinator ini nantinya akan disebar ke 40 kecamatan di Kabupaten Bogor.

“Tiap-tiap kecamatan akan diisi satu tim kecil sejumlah lima orang dan akan berkolaborasi dengan petugas kesehatan setempat,” kata Agus dalam keterangan tertulisnya, melansir repjabar.

Agus juga berpesan, di manapun keberadaannya, para nakes vaksinator harus memberikan manfaat bagi masyarakat di sekelilingnya.

“Jaga nama baik TNI dan bertugas secara profesional,” ujarnya.

Saat ini, pemerintah telah melakukan upaya percepatan nasional, khususnya di Ibu Kota Provinsi dan wilayah aglomerasi seperti Bogor dan Tangerang.

Daerah-daerah tersebut diharapakan akan segera mencapai target di atas .

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga telah lebih dulu mengerahkan sebanyak 122 nakes guna membantu penanganan Covid-19 dan serbuan di wilayah aglomerasi Kabupaten Tangerang, Banten pada Rabu (20 Oktober 2021).

Ratusan nakes itu merupakan Siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI yang tengah mengikuti Pendidikan di Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Para nakes tersebut diberangkatkan dari Lanud Adisutjipto Yogyakarta dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 A- 1303 dan CN A-2901 TNI AU.

Setibanya di Lanud Halim Perdanakusuma, para nakes TNI itu diterima oleh Wakapuskes TNI Marsma dr Didik Kestito.

“Kita sebagai anggota TNI tentunya mempunyai kewajiban untuk membantu tugas dari pemerintah. Di sinilah tugas dari para Perwira Siswa sekalian, membantu melaksanakan di daerah Tangerang dan Bogor,” tutur Didik Kestito.

Ia mengatakan, TNI mendapat tugas melaksanakan kepada 50 juta penduduk Indonesia.

Menurutnya, hal ini adalah tugas yang berat yang harus dilaksanakan bersama-sama.

“Para Perwira Siswa agar dapat melaksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Sebagai Perwira kita dituntut untuk selalu melaksanakan tugas yang dibebankan oleh negara kepada kita dengan penuh rasa tanggung jawab,” jelasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here