Friday, 3 May 2024
HomeNasionalWaduh! Air Sungai Cisadane Tangsel Berwarna Merah

Waduh! Air Sungai Cisadane Tangsel Berwarna Merah

Bogordaily.net – Sungai terlihat ada perbedaan di Tangerang Selatan (). Air sungai tersebut berubah menjadi seperti darah.

Hal itu pertama kali ditemukan oleh warga yang tengah memancing di sempadan Sungai .

Kejadian langka itu oleh salah seorang warga diabadikan dan viral di media sosial.

Berbagai akun Instagram mengunggah ulang video tersebut. Salah satunya diunggah oleh akun @infotangsel.co. Dalam unggahan itu, dinarasikan bahwa air Sungai tercemar limbah berwarna merah.

“Kali dekat jembatan Serpong tercemar dengan limbah berwarna merah,” tulis akun tersebut.

Warga yang merekam menerangkan soal adanya pencemaran sungai. Menurutnya, limbah tersebut sengaja dibuang dari sisa pengolahan plastik.

“Pencemaran kali . Tolong pemerintah setempat diperhatikan pihak dari pengolahan plastik buang limbah warna merah. Ini harus ditindak tegas pak, tolong,” terangnya.

Menanggapi video pencemaran Sungai , Kasi Pengawasan dan Pembinaan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan, Tedi Krisna mengklaim bahwa pihaknya sudah melakukan penelusuran sumber limbah tersebut.

Ia juga memastikan bahwa limbah tersebut bukan berasal dari pabrik pengolah plastik melainkan dari pengepul.

“DLH bersama Satpol PP sudah turun ke lokasi. Kegiatan atau pencemaran itu bukan pabrik atau industri, tapi pengepul plastik bekas yang dicuci dengan air sungai sebelum dikirim ke pabrik pengolah biji plastik yang lokasinya di luar ,” kata Tedi seperti dikutip dari suara, Senin (4 Oktober 2021).

Tedi juga menambahkan, pihaknya juga sudah mengambil sampel air baik dari zat pewarna yang dibuang ke sungai, maupun air sungai yang tercemar.

“Kami sudah ambil sampel air dan zat pewarnannya untuk dilakukan analisa laboratorium,” ucapnya.

Tedi menyebut bahwa informasi awal yang didapat bahwa warna merah yang dibuang itu merupakan sisa pewarna makanan.

“Sesuai informasi yang didapat warna merah yang dibuang sisa pewarna makanan dari pabrik sosis. Tetapi untuk pastinya apakah benar-benar pewarna makanan atau bukan, masih nunggu hasil analisa laboratorium,” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here