Wisata Alam Curug Nangka Bogor dan Keindahan 3 Air Terjun

Menu

Mode Gelap
Malang Diguncang Gempa Berkekuatan M 5,3 Niat Jemput Anak, Seorang Ibu Asal Cigudeg Tewas Tertabrak Truk Terputusnya Aliran Listrik PLN, Ini 3 Wilayah yang Terdampak Akibat Hujan Deras dan Angin, Pohon di Perum Taman Griya Tumbang Klarifikasi, Rachel Vennya: Aku Tidak Lakukan Karantina Sama Sekali

Wisata ยท 11 Okt 2021 14:58 WIB

Wisata Alam Curug Nangka Bogor dan Keindahan 3 Air Terjun


 Wisata air terjun Curug Nangka Bogor [Foto: travelspromo] Perbesar

Wisata air terjun Curug Nangka Bogor [Foto: travelspromo]

Bogordaily.net – Curug Nangka Bogor bagiand dari wisata alam Bogor yang memiliki keindahan nan menawan. Ada banyak potensi wisata yang terus dikembangkan menjadi destinasi menarik untuk melepas penat.

Menukil dari suara.com, salah satu destinasi itu ada di Curug Nangka. Curug Nangka Bogor terletak di lereng Gunung Salak, ketinggian 750 meter di atas permukaan laut.

Tepatnya ada di Desa Sukajadi, kecamatan Ciapus, Kabupaten Bogor. Komplek curug ini begitu mempesona karena memiliki tiga air terjun, yakni Curug Nangka, Curug Kaung dan Curug Daun.

Tiga air terjun ini sejatinya merupakan rangkaian aliran air yang dimulai dari Curug Kaung di lokasi teratas. Curug Kaung ini memiliki ketinggian sekitar 17 meter.

Aliran air kemudian menyambung ke Curug Daun atau juga disebut curug mini karena tingginya hanya dua meter. Lalu curug paling bawah ada Curug Nangka yang tingginya hampir sama dengan Curug Kaung.

Curug ini begitu mempesona karena keindahan alam hijau serta aliran air yang jernih. Pada bagian bawah dari air terjun ada cekungan air yang biasa digunakan para pengunjung untuk bermain air.

Dengan pemandangan yang indah, tangan pasti tak terkendali untuk berselfie atau berfoto bersama keluarga di Curug Nangka. Ada banyak spot foto menarik untuk diposting di media sosial.

Segala aktivitas itu bisa dilakukan tanpa kepanasan. Lokasi ini cukup sejuk untuk digunakan berjalan-jalan. Rata-rata suhu di Curug Nangka berkisar 20-23 derajat celcius.

Harga tiket yang dipatok cukup terjangkau, yakni Rp22.500, yang terbagi dua loket. Loket pertama harga tiketnya Rp7500. Sementara loket kedua harga tiketnya Rp15 ribu

Musim kemarau menjadi salah satu waktu rekomendasi. Jika saat musim penghujan tiba, bisa dipastikan Curug Nangka akan sering diguyur hujan, mulai ringan hingga deras.

Flora dan Fauna

Pesona Curug Nangka tak sekadar pemandangan indah serta air terjun saja. Di lokasi ini terdapat flora dan fauna yang beragam. Dari gerbang masuk menuju area perkemahan terdapat pohon-pohon Pinus yang menjulang tinggi. Lalu pada bagian atas di sekitar air terjun, terdapat vegetasi hutan alam tropis.

Pengunjung juga bisa melihat beberapa satwa, seperti Surili, Monyet Ekor Panjang, Owa Jawa serta Lutung. Berbagai burung dengan suara yang indah menambah pesona dari Curug Nangka.

Akses Lokasi dan Fasilitas
Curug Nangka yang berada di kecamatan Ciapus bisa ditempuh dari kota Bogor dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Di sepanjang jalan, calon pengunjung juga tak perlu bingung karena ada banyak papan penunjuk jalan arah Curug Nangka.

Sesampainya di lokasi, akses untuk kendaraan roda dua maupun empat sudah tersedia dengan baik.

Fasilitas yang tersedia di Cugur Nangka turut memanjakan para pengunjung. Selain keberadaan cekungan air di bawah air terjun, pengelola juga menyediakan beberapa kolam untuk bermain air.

Jika ingin menghabiskan malam di Curug Nangka, terdapat area perkemahan yang jaraknya tak terlalu jauh dari Curug Nangka. Penginapan pun tersedia di dekat pintu masuk Curug Nangka.

Paling penting, ketika berwisata, oleh-oleh menjadi syarat agar terus ingat dengan Curug Nangka. Terdapat para penjaja souvenir khas Curug Nangka yang dijual dengan harga terjangkau.

Wisata Dekat Curug Nangka

Bila ingin sekali jalan, tapi bisa mendapatkan beragam spot menarik, Curug Nangka merupakan pilihannya. Wisata alam Bogor yang ada di lereng Gunung Salak ini “bertetangga” dengan deretan spot-spot menarik.

Wisata alam itu terdiri dari Curug Cipeteuy, Curug Ciputri, Danau Quary di Cigudeg, kawasan Gunung Buner hingga pemandian air panas di Gunung Malang.

Ada pula Pura Parahyangan Agung Taman Sari yang berjarak sekitar satu kilometer dari Curug Nangka.

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Ingin Dapat Spot Foto yang Indah di Jayapura, Mampir di Jembatan Merah Youtefa

23 Oktober 2021 - 17:57 WIB

Naik Pesawat Wajib PCR Dulu, Ini Aturan Barunya

23 Oktober 2021 - 16:44 WIB

Naik Pesawat Wajib PCR

Pink Beach! Pantai Cantik di Pulau Komodo, Bikin Lelah Langsung Hilang

22 Oktober 2021 - 14:31 WIB

Pink

Menyuguhkan Keindahan Bahari, Pulau Kei Dijuluki Surga Tersembunyi

22 Oktober 2021 - 09:29 WIB

Asiik! Taman Margasatwa Ragunan Siap Sambut Pengunjung

21 Oktober 2021 - 14:50 WIB

Taman

Wisata Candi Jawi, Jejak Kerajaan Singasari dan Relief yang Menyisakan Misteri

20 Oktober 2021 - 12:43 WIB

Wisata
Trending di Wisata