Monday, 20 May 2024
HomeBeritaApa Makna Di Balik Hari Galungan Yang Jatuh 10 November Besok?

Apa Makna Di Balik Hari Galungan Yang Jatuh 10 November Besok?

Bogordaily.net – Pada tanggal 10 November 2021 esok akan jatuh hari raya Galungan. Namun, Apa kalian pernah mendengar hari baik Galungan? Apa sih yang dirayakan pada saat Galungan?

Hari Galungan adalah momen yang dirayakan oleh umat di dalam kurun waktu 6 bulan (210 hari). Hari Galungan ini merupakan hari kemenangan perbuatan baik di atas perbuatan jahat. Hari Galungan ini sangatlah bermakna bagi umat khususnya di pulau dewata .

Pada hari tersebut dipercaya bahwa para dewa turun ke bumi dan kembali ke kahyangan setelah merayakan 10 hari berturut-turut rangkaian menuju puncak hari Galungan.

Dalam sejarahnya terdapat raja yang bernama Mayadenawa beliau memilki kesaktian mandraguna namun, dengan kelebihannya ia hidup dengan rasa sombong sehingga ia merasa seluruh manusia harus patuh dan tunduk kepadanya.

Dengan kekuasaannya tersebut berdampak kesusahan untuk para rakyat di zaman tersebut sehingga datanglah bala bantuan dari hasil meditasi 2 pendeta.

Hingga tiba dewa Indra yang berasal dari India dan Kahyangan membantu para rakyat yang kesusahan dibawah kekuasaan Dewa Mayadenawa, sehingga terjadilah perang atar dua pihak tersebut dan berakhir dengan kematian Dewa Mayadenawa.

Maka dari itu, simbolis dari kemenangan dewa Indra tersebut selalu diperingati oleh umat di .

Hari galungan dirayakan per kurun waktu 210 hari sesuai kalender karena adanya kepercayaan para umat dimana para Dewa turun ke bumi dan kembali lagi ke Kahyangan setelah perayaan Galungan berakhir dan dilanjut dengan hari Kuningan.

Filosofi Galungan sendiri dirayakan untuk mengenang kemenangan Dewa Indra melawan Mayadenawa. Dalam hari Galungan ini ada 7 rangkaian ritual yang umat akan laksanakan untuk mencapai puncak Hari Galungan , sebagai berikut:
1. Tumpek Wariga
2. Sugihan Jawa
3. Sugihan
4. Hari Penyekeban
5. Hari Penyejaan
6. Hari Penampahan
7. Hari Raya Galungan

Setelah dilaksanakannya rangkaian ritual untuk mencapai hari Galungan, dilanjutkan dengan beberapa prosesi pengembalian dan untuk keesokan hari dari Galungan ada sebutan untuk hari tersebut yaitu Manis Galungan dimana momen tersebut para sanak saudara bersilaturahmi satu sama lain.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here