Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaBagaimana Peluang Barcelona Di Liga Champions Pasca Ditahan Imbang Benfica?

Bagaimana Peluang Barcelona Di Liga Champions Pasca Ditahan Imbang Benfica?

Bogordaily.net – Barcelona terpaksa bermain imbang kala menjamu Benfica di laga ke-5 Grup E Liga Champions 2021-2022 pada Rabu 24 November 2021. Bagaimana peluang Barcelona lolos ke 16 besar Liga Champions?

Hasil itu membuat nasib Blaugrana di Liga Champions musim ini berada di ujung tanduk.

Dengan hasil imbang ini, Barcelona berada di posisi ke-2 grup E dengan 7 poin, sementara membayangi di posisi ke-3 dengan 5 poin. Di sisi lain, Bayern Munchen yang ada di puncak klasemen grup E sudah dipastikan lolos ke 16 besar, dan Dynamo Kyiv sudah dipastikan tersingkir setelah hanya berhasil mengumpulkan 1 poin.

Berdasarkan aturan UEFA, hanya pemuncak klasemen grup dan runner-up grup yang berhak melaju ke babak 16 besar. Tim di posisi 3 harus turun kasta ke Liga Europa dan tim posisi 4 tereliminasi.

Dengan kata lain, perebutan posisi 2 klasemen grup E harus ditentukan pada pertandingan ke-6 alias pertandingan terakhir.

Pada pertandingan terakhir, Barcelona harus bertamu ke Allianz Arena untuk melawan Bayern Munchen pada 9 Desember 2021. Sementara akan menjamu Dynamo Kyiv pada hari yang sama.

Barcelona wajib menang jika ingin lolos ke 16 besar. Jika Barcelona menang atas Dir Panzer maka Barcelona akan meraup 10 poin. Mereka tidak akan terkejar oleh meskipun menang atas Dynamo Kyiv karena hanya mengumpulkan 8 poin.

Jika Barcelona kalah dari Bayern Munchen dan menang atas Dynamo Kyiv, maka akan menggusur Barcelona di posisi ke-2 dan lolos ke 16 besar. berhasil mengumpulkan 8 poin atas Barcelona yang hanya mengumpulkan 7 poin.

Jika Barcelona menahan imbang Bayern Munchen dan menang atas Dynamo Kyiv, maka poin Barcelona dan Dynamo Kyiv sama-sama mengumpulkan 8 poin.

Merujuk Peraturan Artikel 17.01, jika poin yang dikumpulkan sama maka klasemen akan ditentukan oleh Gol yang dicetak dalam pertandingan head-to-head antara tim dengan poin sama.

Dalam pertandingan pertama antara menjamu Barcelona, berhasil mengalahkan El-Barca dengan skor 3-0. Dengan demikian, jika poin antara Barcelona dan sama maka Benfica lebih berhak menduduki posisi ke-2.

Karenanya, Xavi Hernandez harus putar otak bagaimana bisa menang pada pertandingan kontra Bayern Munchen, dan menjaga peluang Barcelona bertahan di Liga Champions.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here