Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaHanya Jadi Runner Up Grup, Bagaimana Peluang Italia Lolos Piala Dunia 2022? 

Hanya Jadi Runner Up Grup, Bagaimana Peluang Italia Lolos Piala Dunia 2022? 

Bogordaily.net harus menerima kenyataan hanya menjadi runner-up grup C dan gagal langsung lolos ke Qatar. Kepastian itu diperoleh setelah anak buah Roberto Mancini ditahan imbang oleh Irlandia Utara dengan skor 0-0 pada Selasa 16 November 2022 pagi tadi.

Italia menguasai permainan sejak awal. Sepanjang pertandingan, Italia mendapat penguasaan bola sebanyak 72 persen sementara Irlandia Utara hanya menguasai bola 28 persen. Namun, formasi 5 bek Irlandia Utara berhasil membendung trisula Italia menembus kotak penalti.

Akhirnya Italia mencoba melakukan tendangan jarak jauh. Pertama, Nicollo Barella sempat menembakkan tendangan dari luar kotak penalti tetapi bisa dihalau oleh Kiper Irlandia Utara Bailey Peacock-Farrell.

Pada menit ke-28, giliran Lorenzo Insigne mencoba peruntungannya dengan “menaruh” umpan sepak pojok dari luar kotak penalti. Tapi lagi-lagi masih bisa ditangkap oleh Bailey Peacock-Farrell

akhirnya dapat menembus kotak penalti Irlandia Utara melalui aksi Federico Chiesa di sisi kiri. Namun, Bailey Peacock Farrell benar-benar jadi mimpi buruk Donnarumma dkk.

Total Italia berhasil menembakkan 12 tendangan yang 6 di antaranya mengarah ke gawang sementara Irlandia Utara hanya mampu melepaskan 4 sepakan yang 2 di antaranya mengarah ke gawang.

Peluang Italia Melaju Ke Piala Dunia 2022

Lantas bagaimana peluang Italia lolos ke Piala Dunia 2022? Nyatanya, peluang itu masih ada tetapi sangat terjal.

Italia harus kembali berjuang di babak play-off. Skysport menjelaskan, akan ada 12 tim yang bersaing di babak ini memperebutkan 3 tiket menuju Qatar. Sebanyak 10 tim adalah runner up grup kualifikasi Piala Dunia dan 2 tim lainnya adalah pemenang grup terbaik UEFA Nation League.

Di babak ini, sudah ada sejumlah tim besar yang menanti Italia seperti Portugal, Swedia, Rusia, Austria, dan Skotlandia. Tim tersebut sudah dipastikan menjadi Runner up grup. Sementara Wales dan Ceko yang merupakan peserta play-off dari bagian pemenang grup terbaik UEFA Nation League.

Rencananya, playoff akan digelar pada 24-29 Maret 2022.

Bagaimana cara kerjanya? Nantinya, 12 tim tersebut akan dikumpulkan dalam 3 kelompok yang terdiri dari 4 tim. Total ada 3 tiket yang tersisa, sehingga masing-masing kelompok akan memperebutkan 1 tiket.

Nantinya, 4 tim dalam satu kelompok itu akan diundi untuk melakoni pertandingan bak semifinal. Pemenang dari “semifinal” itu akan diadu lagi di final kelompok.

Juara dari masing-masing kelompok lah yang berhak melaju ke putaran final Piala Dunia 2022.

Artinya, Italia harus memenangi dua laga playoff untuk menjaga asa bermain di Qatar. Jika kalah di satu pertandingan saja, maka Donnaruma cs harus mengubur impiannya dan hanya bisa jadi penonton di Piala Dunia 2022.

Undian play off sendiri rencananya akan digelar pada Jumat 26 November 2021 mendatang.

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here