Monday, 17 June 2024
HomeViralBilang Wayang Berasal Dari Malaysia, Adidas Diamuk Warganet Indonesia

Bilang Wayang Berasal Dari Malaysia, Adidas Diamuk Warganet Indonesia

Bogordaily.net – Indonesia kembali menunjukkan kegarangannya. Kali ini, brand pakaian olahraga asal Jerman, Adidas yang menjadi korban. Pasalnya, brand yang identik dengan tiga garis itu mengatakan bahwa wayang kulit berasal dari , bukan Indonesia.

Hal itu dikatakan melalui caption unggahan Instagram @adidassg kala mereka meluncurkan produk Ultra Boost DNA City Pack pada minggu lalu.

“Celebrate 's cultural heritage through @JAEMYC's eyes, in our next #UltraBOOST DNA City Pack!”

@adidassg juga menuliskan, desain produk terbaru mereka itu terinspirasi dari wayang kulit, yang mereka sebut sebagai “bagian penting dari budaya dan identitas ”.

Desain wayang kulit itu mereka rancang sedemikian rupa dengan bentuk dan warna yang lebih modern

Tentu saja unggahan itu langsung menuai murka Indonesia. Ketika berita ini dibuat saja sudah ada 25.204 komentar di unggahan tersebut. Bisa ditebak sebagian besarnya adalah ungkapan marah-marah.

@bababubu.id dengan penuh semangat berkomentar WAYANG KULIT BELONGS TO INDONESIA!!!

ada juga komentar dari @peony_lily_ yang menyuruh tim untuk melakukan riset. “WAYANG IS BELONG TO INDONESIA! PLEASE DO SOME RESEARCH MORE!”

@dhinisca menjelaskan bahwa wayang itu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “bayangan” karenanya ia meminta untuk riset lebih dalam. “The term wayang kulit is the Javanese word for ‘shadow' or ‘imagination'. How the f could be Malay's origin. Please do a research! Shame on you !”

Stand up comedian Tretan Muslim pun ikut berkomentar melalui akun Instagramnya @tretanmuslim : UPIN IPIN IS FROM . WAYANG FROM INDONESIA.

Adidas Minta Maaf

Melalui Story Instagram, akun @adidassg pun meminta maaf atas unggahannya tersebut.

“Terima kasih sudah menghubungi kami. Sementara wayang kulit adalah bagian penting dalam warisan budaya , kami seharusnya menyoroti (bahwa Wayang Kulit) asli dari Indonesia dalam unggahan kami.

Kami sungguh meminta maaf karena ketidaksengajaan (untintentional offence) yang sudah terjadi, dan sekarang kami mengubah unggahan kami.

Lebih lanjut Adidas mengatakan bahwa mereka membuat desain sepatu itu semata karena terinspirasi dari kekayaan kebudayaan Asia Tenggara.

“Untuk menghindari tudingan, brand atau pun artis sama sekali tidak memiliki niat untuk mengklaim seni budaya dari Indonesia,” lanjut mereka.

Saat ini, caption unggahan Instagram @adidassg yang sebelumnya ramai dipermasalahkan sudah disunting. Kini dikatakan bahwa wayang kulit adalah seni budaya yang berasal dari Indonesia.

“Originating from Indonesia, Wayang Kulit has inspired other parts of Southeast Asia” demikian tertulis caption terbaru @adidassg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here