Friday, 19 April 2024
HomeBeritaDetik-Detik MU Rekrut Ralf Rangnick, Ternyata Sudah PDKT Sejak 2019

Detik-Detik MU Rekrut Ralf Rangnick, Ternyata Sudah PDKT Sejak 2019

Bogordaily.net dikabarkan telah menunjuk profesor sepak bola asal Jerman untuk menjadi interim baru menggantikan Ole Gunnar Solskjaer yang dipecat oleh Setan Merah pekan lalu.

Namun ada yang menarik dari perekrutan . Sebuah laporan dari The Athletic mengatakan MU sudah mendekati Rangnick sejak tahun 2019.

Saat itu, Direktur Sepak Bola John Murtough mengunjungi RB Leipzig. Murtough hendak belajar mengenai fasilitas dan strategi Redbull selaku korporasi olahraga. Yang menjamu Murtough adalah Rangnick yang berstatus Head of Sport and Development Redbull GmbH.

Pertemuan itu ternyata berujung pada obrolan selama 8 jam antara Murtough dan Rangnick. Belakangan Rangnick tahu bahwa tujuan Murtough bukanlah mempelajari strategi Redbull melainkan mengobservasi dirinya, mulai dari metode kerja, filosofi, dan sikap.

Meskipun begitu, tak ada tindak lanjut dari MU untuk Rangnick.

Rangnick pun pindah dan menjabat sebagai Head of Sport and Development di Lokomotiv Moskow. Di sisi lain, bertahan dengan Ole Gunnar Solskjaer yang berhasil membawa setan merah menduduki posisi runner up Liga Inggris 2020-2021 dan kini mengejar gelar juara Liga Inggris.

Namun, ternyata Setan Merah malah jadi ayam sayur musim ini. Pada 6 November lalu, dipermalukan oleh Manchester United 2-0. Pasca kekalahan itu, Manchester United kembali mengecek keadaan Rangnick dan memastikan apakah memungkinkan untuk mendatangkannya, tapi belum menghubunginya.

Pada 20 November 2021, Manchester United dibantai oleh Watford dengan skor 4-1. Tak berselang lama, manajemen Manchester United menggelar rapat darurat kemudian menyatakan memecat Solskjaer.

Ternyata tak cuma itu, manajemen MU juga langsung mengontak Rangnick. Yang mengontak pun tak cuma Murtough tapi juga Vice Chairman Ed Woodward dan Managing Director Richard Arnold. Mereka membicarakan kemungkinan merekrut Rangnick sebagai interim.

Tiga hari berselang, Rangnick terbang ke Inggris menemui manajemen Manchester United di kantornya di London. Mereka membicarakan visi masing-masing, gaji, kontrak, posisi, dan negosiasi lainnya.

Pada hari yang sama, MU juga menggelar “wawancara” dengan mantan pelatih Barcelona Ernesto Valverde dan Olympique de Marseille Rudi Garcia. Namun, Rangnick ada di posisi yang lebih unggul.

Rangnick juga sempat melakukan video interview dengan Direktur Teknik Manchester United Darren Fletcher. Mereka membicarkan soal prinsip masing-masing dalam sepak bola.

Akhirnya, Manchester United dan Rangnick mencapai kesepakatan pada Kamis 25 November 2021. Ia akan dikontrak sebagai sementara dengan kontrak 6 bulan dan tambahan 2 tahun sebagai konsultan.

Manchester United juga sepakat Rangnick mmebawa asisten kepercaannya, Lars Kornetka dan seorang analis video.

Kira-kira bagaimana kiprah Rangnick ke depannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here