Thursday, 25 April 2024
HomeEkonomiGarda Transfumi Bantu 3000 UMKM Tingkatkan Usaha

Garda Transfumi Bantu 3000 UMKM Tingkatkan Usaha

Bogordaily.netKementerian Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Kemenkop UMKM) terus berusaha meningkatkan usaha para pelaku UMKM. Salah satunya dengan menggandeng Mercy Corps Indonesia untuk membentuk program Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi).

Dalam kerja sama ini, Kemenkop dan merekrut 200 relawan Transfumi di 5 wilayah utama yaitu Jadetabek-Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur. Relawan-relawan itu bekerja mendampingi para pelaku UMKM untuk meningkatkan usahanya.

Neng Wiwin, salah satu relawan Transfumi menceritakan, ia membantu para pelaku UMKM membuat business plan dan melatih mereka mengatur tujuan bisnis (business goals).\

“Kemudian dengan adanya kegiatan Transfumi ini juga kami juga mengajak mereka (UMKM) untuk mempunyai legalitas usaha,” kata Wiwin dalam keterangan tertulis pada Kamis 25 November 2021.

juga ikut mendorong percepatan transformasi dari usaha informal ke usaha formal skala mikro. Itu dilakukan dengan mendampingi para pelaku usaha mikro dalam pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui platform Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA).

Transfumi juga membuka akses terhadap mentoring bisnis digital melalui platform MicroMentor Indonesia.

Hasilnya jelas terlihat. Dalam waktu empat bulan sejak diluncurkannya OSS-RBA pada Agustus 2021, telah menerbitkan lebih dari 17.000 NIB bagi pelaku usaha mikro. Pencapaian ini melebihi target reguler Kemenkop UKM sebanyak 5.000 penerbitan NIB di tahun 2021.

Meskipun telah banyak UMKM yang terbantu oleh , tapi Wiwin mengaku masih banyak pelaku UMKM yang menyepelekan dampak pendampingan dan . Namun, ia yakin mereka akan tertantang untuk ikut ketika melihat sesama pelaku UMKM menjadi maju bersama Transfumi.

“Terkadang UMKM sendiri berfikir bahwa mentoring itu tidak penting, tapi hal ini mereka akan semakin tertantang melihat teman-teman mereka yang kami sudah mentoring dan akhirnya berhasil,” ungkap Wiwin.

Melihat kesuksesan Transfumi, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki bersama berinisiatif memberikan apresiasi kepada . Diharapkan ke depan dapat lebih meningkatkan antusiasme mereka dalam menjalankan pendampingan untuk memajukan UMKM.

Rencananya, Transfumi akan terus digenjot dan diperkuat. Pada tahun 2022 KemenkopUKM dan akan menambah mitra kerja sama baru, di antaranya ialah Tokopedia dan GOJEK. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjangkau UMKM lebih luas lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here