Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaHari Ini Kang Emil dan Bima Arya Ketemu Menlu Inggris, Bahas Apa?

Hari Ini Kang Emil dan Bima Arya Ketemu Menlu Inggris, Bahas Apa?

Bogordaily.net – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Elizabeth Truss pada Jumat 12 November 2021 di Bogor Creative Center.

Hal itu diketahui dari postingan story akun Instagram (@bimaaryasugiarto) pada Jumat 12 November 2021 pagi ini.

“Berjalan menuju Bogor Creative Center untuk menyambut Menteri Luar Negeri ,” katanya dalam Insta Story tersebut.

Dalam postingan tersebut, tampak ada pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kang Emil, begitu ia biasa disapa, menginjakkan kaki lebih dahulu di Balaikota Kota Bogor sekitar pukul 09.30 tadi.

Selanjutnya, keduanya pergi bersama menuju Bandung Creative Center. Uniknya, keduanya tidak menggunakan kendaraan dinas dan memilih untuk berjalan kaki menyusuri trotoar.

Kang Emil dan Bima tampak serasi dengan menggunakan kemeja putih lengan panjang dan celana berwarna biru. Yang membedakan keduanya hanya motif dasi dan warna sepatu.

Meski begitu masih belum jelas apa yang akan dibicarakan dengan Menlu nantinya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Elizabeth Truss didampingi duta besar Owen Jenkins telah berkunjung ke Istana Merdeka pada Kamis 11 November 2021 dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam pertemuan itu, keduanya membahas kerja sama ekonomi sebagai tindak lanjut pembicaraan antara Jokowi dengan Perdana Menteri Boris Johnson di sela KTT COP26 di Glasgow, Skotlandia pada 1-2 November lalu.

Jokowi dan Elizabeth pun membahas investasi bersama Indonesia- dalam pengembangan produksi katoda di . Rencananya, produksi ini akan memenuhi kebutuhan baterai litium di dan Eropa.

Selain itu, keduanya juga membahas kerja sama di bidang bioteknologi salah satunya pengembangan vaksin. Pemerintah telah berkomunikasi dengan Universitas Oxford Inggris agar mengirimkan lebih banyak pelajar dan peneliti.

Dalam pertemuan itu, Jokowi pun mengungkapkan rasa senangnya mendukung Inggris menjadi mitra wacana ASEAN. Sementara dalam siaran pers pemerintah Inggris, Truss melihat Indonesia sebagai mitra utama untuk Global Britain.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here