Wednesday, 8 May 2024
HomeKota BogorKemenhub Target Proyek Rel Ganda KA Bogor-Sukabumi Rampung 2022

Kemenhub Target Proyek Rel Ganda KA Bogor-Sukabumi Rampung 2022

Bogordaily.net – Warga Bogor dan sekitarnya harus bersabar lebih lama dalam menanti kehadiran jalur ganda atau double track kereta api Bogor-Sukabumi. Pasalnya, Menteri Perhubungan Sumadi menargetkan proyek pembangunan rel ganda KA Bogor-Sukabumi baru akan selesai pada 2022, dan pembangunan segmen Bogor-Cigombong akan selesai Maret 2022 mendatang.

“Kami hadir di sini untuk memastikan pembangunan infrastruktur transportasi, tetap berjalan di tengah pandemi sebagaimana arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo. Dengan selesainya proyek tahap 1 jalur ganda KA Bogor-Cigombong, diharapkan angkutan penumpang dan barang bisa lebih produktif,” kata Basuki dalam siaran persnya pada Minggu 14 November 2021.

Budi mengatakan, revitalisasi dan pembangunan jalur ganda KA Bogor-Sukabumi akan berdampak sangat besar bagi masyarakat, khususnya di terkait mobilitas barang dan orang.

Dengan adanya jalur ganda KA Bogor-Sukabumi, waktu tempuh yang semula 2 jam diharapkan bisa dipangkas menjadi 1 jam 20 menit.

Selain itu, dengan adanya jalur ganda maka jumlah perjalanan pun akan bertambah dari 6 perjalanan dalam sehari jadi 12 perjalanan dalam sehari, sementara untuk kereta barang akan meningkat dari 2 perjalanan per hari jadi 8 perjalanan. Jumlah rangkaian juga akan bertambah dari 6 rangkaian jadi 8 rangkaian.

Hal ini akan berimbas pada kapasitas layanan. Sebelumnya, kereta Bogor-Sukabumi hanya mampu mengangkut 2.844 penumpang per hari kini menjadi 5.688 per hari. Sementara angkutan barang yang sebelumnya hanya 648 ton per hari bisa bertambah jadi 2.592 ton dalam per hari.

Sebelumnya, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat Kementerian Perhubungan mengatakan proyek dengan panjang 26,7 kilometer ini akan selesai pada Agustus 2021, sementara segmen Cicurug-Cigombong akan selesai Desember 2021.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat Erni Basri pada Februari 2021 lalu pun memaparkan, pembangunan double track Bogor- Sukabumi segmen Paledang-Cicurug sudah mencapai 70%. Ditargetkan, pembangunan segmen tersebut selesai tahun ini.

“Total progres fisik untuk kegiatan pembangunan jalur ganda KA lintas Bogor – Sukabumi segmen Paledang – Cicurug sudah mencapai 70%, dengan rencana progres 100% pada tahun 2021,” kata Erni, Rabu (24/2/2021).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here