Pemkot Bogor Dapat Tanah Hibah BLBI 10,2 Hektare, Mau Buat Ini

Menu

Mode Gelap
Muhammad Ameer Azzikra, Putra Ustaz Arifin Ilham, Meninggal Dunia Buset, Mercy Bodong dengan Sopir Tak Ber-SIM Lawan Arah Tol Tabrak 3 Mobil Usai Lantik Pengurus Baru, AMSI Gelar Seminar Media Siber Sehat Ade Yasin Klaim Vaksinasi Kabupaten Bogor Sudah Lampaui Target Polisi Selidiki Video Mesum Durasi 35 Detik Diduga Dua Pelajar

Kota Bogor · 25 Nov 2021 12:00 WIB

Pemkot Bogor Dapat Tanah Hibah BLBI 10,2 Hektare, Mau Buat Ini


 Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim saat meninjau pembangunan Masjid Raya. Pembangunan kolam dan penutup atap yang direncanakan selesai tahun ini terancam molor.(Istimewa/Bogordaily.net)  Perbesar

Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim saat meninjau pembangunan Masjid Raya. Pembangunan kolam dan penutup atap yang direncanakan selesai tahun ini terancam molor.(Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Pemerintah Kota Bogor menerima hibah dari pemerintah pusat berupa aset tanah seluas 10,2 hektare yang jika dirupiahkan mencapai Rp400 miliar. Aset tanah tersebut sebelumnya milik obligor Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang disita oleh pemerintah untuk membayar hutang mereka kepada negara.

“Rencananya kami proyeksikan untuk dibangun kantor pelayanan pemerintahan terpadu, 6 hektare di Kelurahan Katulampa,” kata Wakil Walikota Bogor Dedie Rachim pada Kamis 25 November 2021.

Dedie menjelaskan, tanah 10,2 hektare itu tersebar di beberapa titik. Satu lahan seluas 6 hektare berada di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur; lahan lainnya seluas 3,2 hektare di Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan; dan lahan lainnya tersebar di kawasan proyek Regional Ring Road (R3) di Kecamatan Bogor Timur dengan total luasan tanah 1 hektare.

Sebelumnya, Pemkot Bogor memang mengajukan Didie kebutuhan lahan untuk kantor kepada pemerintah pusat. Menurutnya, banyak kantor dinas yang kondisinya tidak memadai dan lokasinya pun di pelosok sehingga mempengaruhi pelayanan kepada warga.

Karenanya, Dedie mengatakan, rencananya Pemkot Bogor akan menjadikan lahan hibah seluas 6 hekare di Kelurahan Katulampa sebagai pusat pemerintahan Kota Bogor.

Menurutnya, pemusatan berbagai kantor pemerintahan di Kota Bogor bisa menyokong pelayanan kepada warga. Selain itu, hal itu pun dirasa bisa mengurangi beban lalu lintas kota Bogor yang saat ini masih terpusat di Bogor Tengah.

“Nanti tahun depan akan kita gambar, baru kita rancang, kita siapkan cut and field-nya, Detail Engineering Design (DED)- nya, Insya Allah tahun depan lah. Setelah itu saat sudah siap kita ajukan anggarannya itu untuk yang 6 hektare yang di Katulampa,” katanya dikutip oleh Republika.

Sementara lahan 3,2 hektare di Kelurahan Empang akan digunakan untuk pembangunan pool Dinas Lingkungan Hidup, Kantor Kementerian Agama, dan stasiun kecil kereta api dua jalur, serta ruang terbuka hijau.

Lahan 1 hektare di Regional Ring Road (R3) akan digunakan untuk Kantor Samsat dan ruang terbuka hijau.

“Bekas kantor, seperti kantor dinas nanti bisa dimanfaatkan, untuk Komisi Pemilihan Umum [KPU] misalnya,” ujar Dedie.

Pemerintah terus mengejar para obligor dan debitur BLBI. Hasilnya sejumlah aset senilai Rp492 miliar telah berhasil disita dan dikuasai oleh negara. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan akan menghibahkan aset ex-BLBI kepada Pemerintah Kota Bogor dan 7 kementerian/lembaga lainnya.

Adapun kementerian dan lembaga tersebut antara lain, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pertahanan, Kementerian Keuangan, Kementerian Agama , Polri, Badan Pusat Statistik, dan Badan Narkotika Nasional.

“Seluruh aset yang bernilai Rp492 miliar ini akan digunakan untuk menunjang tugas dan fungsi dari kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah dalam melaksanakan pelayanan publik kepada masyarakat,” ujar Mahfud.

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Lokasi dan Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Senin 29 November 2021

29 November 2021 - 07:10 WIB

jangan terlewat

Prakiraan Cuaca Bogor 29 September 2021 : Hujan Petir Di Sore Hari

29 November 2021 - 06:54 WIB

Angin kencang

Bersama Kapolresta, Dandim 0606/Kota Bogor Gelar Razia Kawasan Wajib Vaksin

28 November 2021 - 16:12 WIB

Kawasan Wajib Vaksin

Sambil Diajak Mancing, Dedie Lantik Pengurus JMI Bogor Raya

28 November 2021 - 14:00 WIB

JMI

Wisuda Perdana PKS Muda Academy, Atang: Ambil Estafet Kepemimpinan

28 November 2021 - 07:13 WIB

PKS Muda Academy

Gerak Jalan HUT KORPRI ke-50, Bima Arya : Singkirkan Ego Tupoksi

28 November 2021 - 07:00 WIB

Gerak jalan
Trending di Kota Bogor

Sorry. No data so far.