Wednesday, 24 April 2024
HomeKota BogorPunya Alat Baru, RSUD Bogor Bisa Deteksi 4 Penyakit Mematikan

Punya Alat Baru, RSUD Bogor Bisa Deteksi 4 Penyakit Mematikan

Bogordaily.net – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menyambangi RSUD Kota Bogor, Menteng, Bogor Barat pada Sabtu 13 November 2021. Kedatangan Dante guna meresmikan 3 alat kesehatan baru, yakni MRI 3 Tesla, CT Scan 128 slice dan ESWL.

“Mudah-mudahan diharapkan angka kematian akibat empat penyakit terbesar tersebut menjadi lebih optimal dan lebih baik. Semoga ini diikuti daerah-daerah lainnya yang melakukan stratifikasi, identifikasi kebutuhan dan pengembangan yang lebih optimal, sehingga RSUD menjadi salah satu rumah sakit rujukan paling tinggi di daerah,” kata Dante di lokasi.

Dante mengatakan, 3 alat tersebut bukanlah alat sederhana. Tiga alat itu mampu mendeteksi 4 penyakit mematikan seperti serangan jantung, penyakit kardiovaskular, , dan kanker. Menurutnya, alat itu bisa berperan signifikan dalam pelayanan kesehatan di Kota Bogor sebab selama ini 4 penyakit itulah yang jadi penyebab utama kematian di Kota Bogor.

Karenanya, lanjut Dante, alat itu harus dijaga dan digunakan oleh tangan terampil. Terlebih, harganya pun tak bisa dibilang murah sehingga akan sulit mencari gantinya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya pun mengapresiasi peresmian itu. Menurutnya, saat ini tantangan terbesar layanan kesehatan di Kota Bogor adalah perencanaan yang matang,  terintegrasi, dan selaras.

menjadi satu-satunya RSUD di Kota Bogor, dalam keseharian ikut melayani warga Kabupaten Bogor, tercatat ada 40 persen,” katanya.

Persoalan yang ada lanjut Bima Arya bukan hanya menambah kapasitas, tetapi juga meningkatkan kualitas pelayanan. Apa yang dilakukan tidak hanya business as usual, berusaha melayani dengan yang ada tapi ada lompatan-lompatan ke depan dengan kolaborasinya.

“Sudah pasti apa yang diresmikan ini, bukan yang terakhir dan pasti ke depan banyak rencana-rencana yang lainnya,” kata Bima Arya.

Kepala Dinkes Provinsi Jawa Barat Nina Susana Dewi turut mengungkapkan rasa bangga dan menyambut baik fasilitas baru yang menjadi pelayanan baru di .

Pasalnya, kata dia, tersedianya tersebut merupakan salah satu faktor penunjang para tenaga medis dalam meningkatkan kinerja bagi masyarakat Kota Bogor.

Dengan fasilitas yang lebih lengkap, diharapkan menjadi rumah sakit yang lebih unggul dalam memberikan pelayanan secara maksimal dan terbaik bagi masyarakat.

“Penambahan fasilitas ini tentunya menjadi ikhtiar yang sangat baik dari dalam mendukung dan meningkatkan taraf kesehatan warga Kota Bogor, mewujudkan sehat negeriku tumbuh Indonesiaku, sesuai tema Hari Kesehatan Nasional ke-57,” kata Nina.

Selain acara peresmian , pada kesempatan tersebut pun menerima bantuan berupa 1 unit ambulans dalam rangka HUT ke-44 Pasar Modal. Bantuan itu diserahkan secara simbolis diserahkan Panitia HUT Pasar Modal kepada Wali Kota Bogor Bima Arya dan disaksikan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here