Thursday, 28 March 2024
HomeKota BogorRidwan Kamil Akan Kumpulkan Seluruh Walikota/Bupati, Ada Apa?

Ridwan Kamil Akan Kumpulkan Seluruh Walikota/Bupati, Ada Apa?

Bogordaily.net – Gubernur Jawa Barat berencana mengumpulkan para wali kota dan bupati se-Jawa Barat pada 30 November 2021 mendatang di dan Depok. Dalam kesempatan itu, Kang Emil, sapaan akrab , akan membahas kesiapan penanganan bencana selama musim hujan.

“Tanggal 30 [November 2021] seluruh dan wali kota akan saya kumpulkan di Bogordan . Salah satu poinnya mengevaluasi respons terhadap potensi kebencanaan,” kata Emil di Kota Bandung pada Selasa 23 November 2021.

mengatakan, Jawa Barat menyimpan potensi kebencanaan yang cukup besar, setiap tahun tercatat terdapat 1500-2000 kasus bencana alam di Bumi Parahyangan. Dari jumlah itu, bencana hidrologis mendominasi. Di Jawa Barat bagian utara bencana hidrologis yang mendominasi adalah banjir, sementara di Jawa Barat bagian selatan didominasi oleh bencana longsor.

Sejak Oktober 2021 sendiri tercatat sudah ada 500-an laporan kebencanaan. BMKG pun, lanjut Emil, sudah memberi peringatan berupa prediksi cuaca musim hujan yang curahnya bisa jadi ekstrem pada Desember 2021-Januari 2022.

Di Kota sendiri, BPBD Kota mencatat pada Oktober 2021 sudah ada 100 kejadian bencana. Sebanyak 31 di antaranya adalah longsor dan tanah amblas, 5 kejadian banjir, 24 pohon tumbang, dan 8 kejadian angin kencang. Total 1 orang tewas akibat kejadian-kejadian tersebut, 650 jiwa dari 179 keluarga terdampak, dan 146 rumah juga terdampak.

“Mudah-mudahan tahun ke tahun jumlahnya makin sedikit dan kita bisa fokus membangun Jabar lebih baik,” kata dia.

mengaku telah mengecek kesiapan aparat dan pasukan pendukung penanganan bencana  sejak Oktober 2021 lalu. Menurutnya, semua aparat penanganan bencana sudah sangat siap, mereka pun telah dilengkapi dengan peralatan baru, dan telah memiliki dapur umum yang siap dibangun di lokasi bencana.

Pemerintah Jawa Barat pun sudah memiliki cetak biru Jabar Resilliance Province yang berisi tentang pedoman mitigasi bencana, mulai dari pelatihan kebencanaan, anggaran kebencanaan yang riil, dan hal edukasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here